Tarif Uji Tipe untuk Konversi Motor Listrik Belum Ditetapkan

Kompas.com - 17/11/2020, 19:21 WIB
Kompetisi digital modifikasi motor listrik ICEC yang digagas oleh IIMS Dok. IIMSKompetisi digital modifikasi motor listrik ICEC yang digagas oleh IIMS

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan aturan mengenai konversi motor bensin ke motor listrik. Segala ketentuan sudah ditetapkan, termasuk ketentuan mengenai uji tipe.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai, disebutkan bahwa motor listrik hasil konversi harus melewati uji tipe.

Baca juga: Motor Listrik Wajib Pakai Baterai SNI, tetapi Belum Ada di Pasaran

Uji tipenya sendiri terbagi atas dua jenis, yakni uji kelaikan sistem penggerak motor listrik dan pengujian tipe fisik kendaraan. Selain itu, terdapat juga pemeriksaan komponen baterai.

Kompetisi digital modifikasi motor listrik ICEC yang digagas oleh IIMSDok. IIMS Kompetisi digital modifikasi motor listrik ICEC yang digagas oleh IIMS

Jabonor, Kepala Seksi Sertifikasi Kendaraan Bermotor Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mengatakan, uji tipe fisik dan uji tipe baterai saat konversi itu dilakukan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti, bagi yang sudah lakukan uji tipe baterai akan dapat laporan pengujian baterai. Terkait tarif, khusus pengujian baterai belum keluar, karena menunggu PM PNBP," ujar Jabonor, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Baca juga: Tiap Motor Jadul yang Diubah Jadi Motor Listrik Wajib Uji Tipe

Jabonor menambahkan, sementara ini, tarif uji tipe menggunakan tarif yang sudah ada. Artinya, baru ada tarif untuk uji tipe fisik saja.

"Kebijakannya biaya uji serendah mungkin nanti akan diatur di PM PNBP. Sementara mengikuti tarif uji existing," kata Jabonor.

Kompetisi digital modifikasi motor listrik ICEC yang digagas oleh IIMSDok. IIMS Kompetisi digital modifikasi motor listrik ICEC yang digagas oleh IIMS

Terkait tarif uji tipe fisik, dikutip dari situs resmi BPLJSKB, biaya untuk sepeda motor mencapai Rp 9.500.000. Tapi, itu termasuk tarif uji emisi gas buang Euro 3 WMTC sebesar Rp 5.000.000.

Sedangkan, untuk motor listrik maka tidak memerlukan uji emisi. Maka itu, tarif uji tipe fisik untuk motor bensin yang dikonversi ke motor listrik menjadi Rp 4.500.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.