Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Batas Usia, Ini Waktu Ideal Mengganti Karet Wiper Mobil

Kompas.com - 17/11/2020, 19:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karet wiper pada mobil memiliki batas usia pemakaian sebagaimana komponen lainnya. Biasanya, waktu pergantian komponen ini bersamaan dengan perawatan berkala yakni pada periode tertentu.

Namun seiring penggunaan, tak jarang karet wiper tidak berkerja secara optimal dalam menyeka air sehingga pada akhirnya mengganggu jarak pandang pengendara.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyatakan, hal ini dapat terjadi karena beberapa hal mulai dari tingkat kelenturan atau elastisitas pada karet yang tidak baik imbas terpapar panas dalam waktu lama hingga kotor.

Baca juga: Regulasi Konversi Motor Tua ke Listrik Keluar, Tak Bisa Asal Bengkel

Karet Wiper toyotadisamarinda.com Karet Wiper

"Maka, sebaiknya dalam satu tahun karet wiper itu harus diganti dua kali. Memang, biasanya saat perawatan berkala di cek oleh teknisi dan jika sudah memang melewati batas usia ditawarkan untuk diganti," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

"Tapi tak jarang batas usia karet wiper jatuh sebelum perawatan berkala. Jadi, amannya seperti itu. Sebab, kalau karet wiper sudah keras bisa sobek dan membuat blade pada wiper terkena kaca sehingga baret," lanjut Didi.

Didi menambahkan, selain karena batas usia beberapa hal yang menyebabkan karet wiper cepat rusak adalah sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari. Menurutnya, saat parkir di luar ruangan, wiper bisa terkena panas dari kaca.

Baca juga: Kecerobohan yang Kerap Dilakukan Pengendara Saat Musim Hujan

Ragam karet wiperAditya Maulana, Otomania Ragam karet wiper

“Kaca yang terpapar panas bisa mengenai karet wiper dan lama-lama karet akan kehilangan elastisitasnya. Kondisi ini berpengaruh terhadap daya hapus karet wiper menjadi berkurang,” ucapnya.

Adapun harga karet penyeka kaca ini terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan harga kaca yang rusak karena kelalaian pergantian karet.

“Untuk tipe wiper ini ada dua yang menggunakan frame atau blade dan yang tidak menggunakan frame, kedua tipe ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang, paling populer jenis yang pakai frame,” ujar Didi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com