Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Mobil Baru, Sudah Paham Apa Arti RPM?

Kompas.com - 17/11/2020, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dunia otomotif, singkatan “rpm” sudah pasti bakal ditemui ketika membicarakan produk kendaraan bermotor terutama saat mengulas soal spesifikasi, pada tabel perfoma mesin.

Meski demikian, tidak sedikit pemilik kendaraan yang belum paham apa sebenarnya arti rpm itu.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, rpm merupakan kepanjangan dari revolutions per minute. Artinya, putaran yang dilakukan mesin dalam satu menit.

Baca juga: Mobil Irit dan Murah Masih Digemari di 2021

“Maksudnya adalah putaran pulley (ujung depan crankshaft atau poros engkol), kalau ujung belakangnya flywheel atau roda gila. Jadi satu perputaran pulley sama dengan satu rpm tapi hitungannya per menit,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Pada kendaraan informasi besaran rpm ini ditunjukkan di takometer, biasanya berdampingan dengan speedometer, berlokasi di dasbor, di belakang kemudi.

Bersama angka yang ditunjukkan oleh jarum takometer dikalikan 1.000, misalnya mengarah pada angka 1, itu berarti 1.000 rpm.

Ilustrasi mengemudi.Agung Kurniawan Ilustrasi mengemudi.

Posisi jarum pada takometer juga dipengaruhi seberapa dalam pedal gas diinjak. Semakin tinggi rpm, bisa juga ditandai dengan besarnya suara raungan mesin.

“Jadi dalam waktu 1 menit mesin menghasilkan berapa putaran. Untuk posisi idle standar-nya bermacam-macam, idelanya atau rata-rata di angka 700 rpm dengan AC tidak menyala. Biasanya jika AC menyala di angka 1.000 rpm,” kata Didi.

Baca juga: Benarkah Kamper Bisa Menaikkan Nilai Oktan Bensin?

Informasi soal rpm ini juga terdapat pada tabel spesifikasi kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor. Angka rpm selalu disandingkan dengan jumlah tenaga dengan torsi pada spesifikasi mesin dalam tabel infromasi. Misalnya, dalam satu model diinformasikan kalau torsinya 120 Nm @4000.

Artinya, torsi maksimum yang dimiliki kendaraan itu adalah 120 newton meter bisa dicapai pada 4.000 rpm.

Begitu juga ketika membicarakan soal tenaga, 100 tk @6.000 rpm, berarti tenaga maksimum 100 tk yang bisa dicapai di 6.000 rpm.

Artinya, kedalaman menginjak pedal sangat berpengaruh terhadap tenaga kendaraan yang dihasilkan, termasuk konsumsi bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com