Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Remote Smart Key All New Honda Scoopy

Kompas.com - 17/11/2020, 18:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) sudah membuat All New Scoopy menjadi lebih canggih dengan penyematan fitur Smart Key System. Namun, tak banyak yang benar-benar mengetahui cara merawatnya.

Smart Key System merupakan teknologi Honda sebagai pengganti kunci konvensional atau kunci fisik yang umumnya digunakan untuk menghidupkan motor.

Baca juga: Modifikasi All New Honda Scoopy 2020, Jadi Makin Modis

Pada Smart Key System, dilengkapi juga fitur lain, seperti answer back system dan anti theft alarm. Sekarang ini, terdapat dua jenis model remote smart key yang dimiliki sepeda motor Honda, yaitu model remote dengan 2 dan 3 tombol fungsi.

Smart Key System pada motor HondaIstimewa Smart Key System pada motor Honda

Agar tetap awet dan bisa bekerja dengan optimal, Smart Key System juga perlu dirawat. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar remote tidak mengalami kerusakan.

1. Hindari Tekanan Berlebih

Tekanan yang berlebih pada tombol di smart key dapat mengakibatkan kerusakan. Cukup tekan tombol sewajarnya saja saat menggunakan fitur yang tersedia.

2. Usahakan Tetap Kering


Air yang masuk dari sela-sela remote berpotensi menimbulkan terjadinya kerusakan akibat hubungan arus pendek. Apabila terkena air atau basah, segera keringkan sebelum digunakan.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menyatakan, jika masih hanya terkenda sedikit air tidak masalah dan tak membuat remote korslet.

"Kalau misalkan remotenya dikantungi terus basah kena air (gerimis) kalau sedikit tidak masalah. Kalau sengaja direndam air baru rusak," katanya di Cikarang, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Modifikasi All New Honda Scoopy Tema Luxury

3. Hindari Meletakkan Remote di Bagasi


Sebaiknya hindari menaruh smart key di bagasi motor atau di rak serbaguna. Sebab, dapat berpotensi tertinggal dan motor bisa saja dinyalakan orang lain.

"Posisi remote lebih baik dikantongi. Asal jangan ditaruh di motor," ujar Endro.

4. Hindari Radiasi Elektromagnet


Jangan meletakkan smart key di dekat benda-benda yang memiliki radiasi elektromagnet yang tinggi, seperti microwave, mixer, tower pemancar radio, dan lainnya. Sebab, dapat berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remote smart key.

Harga All New Honda Scoopy Foto: Istimewa Harga All New Honda Scoopy

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com