Apa Fungsi Jaring-jaring yang Ada di Atap Kabin Bus?

Kompas.com - 17/11/2020, 19:01 WIB
Kabin bus AKAP Karoseri LaksanaKabin bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika bepergian dengan transportasi bus, biasanya ada satu benda yang ukurannya cukup besar ada di kabin.

Bentuknya kotak dengan kawat yang dibentuk jaring, biasanya ada di bagian tengah kabin di antara emergency exit yang ada di atap.

Ketika melalui benda ini, suara angin terdengar dari atas. Lalu apa sebenarnya fungsi dari komponen ini?

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, kalau komponen yang ada di atap kabin itu termasuk dalam bagian AC bus, yaitu inlet.

Baca juga: Tanpa Integrasi, Tarif Tol Layang Japek Golongan I Rp 62.500

Kabin bus AKAPKaroseri Laksana Kabin bus AKAP

“Fungsinya sebagai sirkulasi udara di kabin bus, untuk sirkulasi,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Bagian inlet ini berguna agar udara yang di kabin menjadi baik. Selain itu, bagian inlet ini juga menyambung ke bagian kondensor AC yang ada di atap. Sehingga posisinya juga menyesuaikan dengan kondensornya.

Baca juga: Fungsi Kaca Belakang pada Bus, Bukan untuk Akses Visual Saat Mundur

Misalnya untuk bus biasa, kondensornya ada di atap, tepatnya di tengah sehingga posisi inletnya juga di tengah. Berbeda dengan bus double decker, kondensornya berada di belakang, di atas mesin, sehingga inletnya ada di bagian belakang kabin.

“Kalau di double decker, inletnya di bagian belakang kabin, ada juga di dek bawah dan atas,” kata Werry.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X