Kandidat Kuat Produksi Mobil Hybrid Toyota di Indonesia pada 2022

Kompas.com - 17/11/2020, 08:22 WIB
Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019. CUTENKPerjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia memastikan kesiapannya untuk bisa memproduksi kendaraan bermotor ramah lingkungan berbasis baterai di tanah Air dalam dua tahun mendatang atau 2022.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengungkapkan, pada periode tersebut pihak manufaktur akan melahirkan mobil hybrid.

"Mengenai pertemuan dengan pak Menteri Perindustrian beberapa waktu lalu, dibahas juga rencana Toyota mulai local production untuk model hybrid electric vehicle (HEV) di tahun 2022, baik untuk pasar domestik maupun ekspor," katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Kelebihan Suzuki GSX-RR, Rahasia Joan Mir Bisa Juara Dunia

PHEVIstimewa PHEV

Tetapi, Bob masih enggan untuk mengungkapkan produk atau model kendaraan pertama yang masuk jalur produksi lokal. Sebab, segala kemungkinan masih terbuka lebar.

"Mengenai produk atau model, bisa yang baru atau existing di pasar Indonesia," papar dia.

Adapun komitmen besar itu merupakan realisasi dari investasi susulan Toyota Group (Toyota, Daihatsu, dan Hino) sebesar Rp 28,3 triliun yang digelontorkan tahun lalu hingga periode 2023.

Bila melihat daftar mobil berteknologi serupa yang sudah dipasarkan oleh Toyota Indonesia hingga saat ini, sedikitnya ada tiga produk yang punya kemungkinan tinggi untuk masuk jalur produksi lokal, yaitu C-HR hybrid, Camry hybrid, dan Corolla Altis hybrid.

Selain itu, juga ada model global terakhir yang punya potensi kuat masuk ke status produksi lokal sebagai basis ekspor.

Sama-sama diperkenalkan pada tahun 2019, berikut sedikit informasinya;

Baca juga: Elektrifikasi Picu Persaingan Ketat Industri Otomotif Indonesia

Toyota C-HR HybridTAM Toyota C-HR Hybrid

1. Toyota C-HR Hybrid

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X