Alex Marquez Bela Joan Mir soal Juara Dunia karena Sang Kakak Absen

Kompas.com - 17/11/2020, 07:42 WIB
Alex Marquez saat berlaga di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) JOSE JORDANAlex Marquez saat berlaga di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 meski dirinya hanya mampu finis di posisi ketujuh MotoGP Valencia, di Sirkuit Ricardo Tormo, MInggu (15/11/2020).

Tidak sedikit pihak yang menyebutkan bahwa kemenangan yang diraih oleh Joan Mir lantaran absennya Marc Marquez sepanjang musim MotoGP 2020. Marc hanya balapan pada seri pertama di MotoGP Jerez. Saat itu, dirinya terjatuh dan cedera pada tulang lengan kanan bagian atas.

Baca juga: Mayoritas Pengemudi Indonesia Masih Belum Paham Pentingnya Jarak Aman

Anggapan tersebut memancing emosi Mir. Dirinya tidak terima disebut bisa juara karena Marc Marquez tidak ikut balapan hampir sepanjang musim ini.

"Siapa pun yang mengatakan gelar juara dunia ini berkurang nilainya karena Marc absen tidak tahu banyak soal motor. Marc tidak ada di sini bukan karena diculik, tetapi karena dia membuat kesalahan," ujar Mir dilansir dari gpone, Senin (16/11/2020).

Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Sementara itu, dukungan untuk Mir datang dari Alex Marquez. Adik Marc Marquez itu mengatakan, absennya sang kakak tidak mengurangi nilai Mir sebagai juara baru MotoGP.

“Mir adalah juara dunia, kelayakannya tetap sama dengan atau tanpa Marc. Dia mendominasi sejak awal, dia tahu bagaimana untuk berada di sana," ucap Alex Marquez dilansir dari Tuttomotoriweb, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Ini Akibat Paksakan Diri Berkendara Saat Mengantuk

Menurut Alex, Mir memang tampil konsisten dengan terus berada di podium hingga akhirnya resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020.

"Saat Anda seorang juara dunia, apa yang orang lain katakan tidak penting,” kata Alex Marquez.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X