Awal 2021 Pertamina Tak Lagi Jual BBM Jenis Premium?

Kompas.com - 16/11/2020, 06:38 WIB
Ilustrasi SPBU KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi SPBU
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah menghapus BBM jenis Premium pada awal 2021 untuk area Jawa, Maduran, dan Bali (Jamali), rupanya masih belum ada kepastian.

Pihak PT Pertamina (Persero) Tbk, dalam keterangan resminya menjelaskan bakal tetap menjalankan penugasan pemerintah untuk terus menyalurkan Premium, termasuk di wilayah Jamali.

Heppy Wulansari, Pjs VP Corporate Communication Pertamina mengatakan, kebijakan penyaluran Premium merupakan kewenangan pemerintah.

Baca juga: Mobil Pakai BBM Oktan Rendah, Bisa Sebabkan Mesin Ngelitik

"Pertamina tunduk pada regulasi yang ada. Yang dilakukan saat ini yakni mengedukasi konsumen untuk menggunakan BBM ramah lingkungan dan yang lebih berkualitas dalam meningkatkan performa kendaraan," ujar Heppy dalam keterangan resminya, Sabtu (14/11/2020).

PT Pertamina (Persero) akan mengadakan Pertamina Virtual Eco Run 2020. (DOK. PERTAMINA) PT Pertamina (Persero) akan mengadakan Pertamina Virtual Eco Run 2020.

Lebih lanjut Heppy juga menegaskan bila Pertamina akan terus mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan udara yang bersih dan sehat.

Upaya tersebut akan dilakukan dengan edukasi serta mendorong penggunaan BBM yang ramah lingkungan dan yang lebih berkualitas dalam meningkatkan performa kendaraan.

"Pertamina berkomitmen mendorong penggunaan BBM dengan RON lebih tinggi, karena selain baik bagi lingkungan juga akan berdampak positif untuk mesin kendaraan yang lebih bersih," kata Heppy.

Tak hanya itu, selain edukasi, Pertamina juga memberikan stimulus berupa promo-promo BBM kepada konsumen, agar tergerak untuk mencoba BBM dengan kualitas lebih baik dan merasakan dampaknya ke mesin kendaraan melalui Program Langit Biru.

Baca juga: Pertamina Kejar Penyebaran BBM Satu Harga di Pelosok Tanah Air

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Seperti diketahui, sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), mengatakan bila pada awal 2021 BBM jenis Premium alam dihapus untuk area Jamali.

"Senin lalu saya bertemu dengan Direktur Operasi Pertamina, beliau menyampaikan per 1 Januari 2021, Premium di Jamali khususnya itu akan dihilangkan," ucap Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan MR Karliansyah dalam webinar yang tayang di YouTube YLKI ID, Jumat (13/11/2020).

Ketiga kota tersebut dikatakan menjadi tahap awal. Setelah itu, penghapusan BBM Premium akan disusul dengan kota-kota lainnya lagi yang ada di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X