Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan Podium Joan Mir di MotoGP 2020, Hanya Sekali Podium Pertama

Kompas.com - 15/11/2020, 21:04 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir akhirnya mengukuhkan diri sebagai juara dunia MotoGP 2020. Prestasi ini diraih Mir, usai finis posisi ke-7 pada balapan GP Valencia, Minggu (15/11/2020).

Sampai sebelum GP Valencia, Mir sudah mengumpulkan tujuh podium dan satu kali kemenangan di GP Eropa, Minggu (8/11/2020).

Podium yang dikumpulkan Mir terjadi di GP San Marino, GP Aragon dan Teruel yang menempati posisi ke-tiga.

GP Austria, GP Emilia Romagna dan GP Catalunya, posisi ke-2 dan kemenangan pertamanya di GP Eropa.

Baca juga: Mesin All New Honda PCX Naik Kelas Jadi 157 cc, Karakter Berubah Total

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.

Membicarakan catatan Mir di musim 2020, dilalui dengan awal yang kurang baik. Mir mengalami dua kali tidak finis pada GP Spanyol dan GP Ceko. Begitu juga pada GP Perancis di mana Mir hanya meraih posisi ke-11.

Namun di hasil balap lainnya, seperti posisi ke-5 di GP Andalusia dan posisi ke-4 di GP Styria membuat Mir mulai konsisten mengumpulkan poin dan turut bersaing memperebutkan juara dunia.

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)JEAN-FRANCOIS MONIER Joan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Sampai sebelum GP Valencia, selisih poin yang dimiliki Mir dengan Fabio Quartararo di posisi kedua yaitu 37 poin. Namun pada GP Valencia, hasil kualifikasi Mir mengharuskan dia start dari posisi ke-12.

Usai GP Valencia, Mir mengoleksi 171 poin, dimana angka tersebut sudah tidak mungkin terkejar pebalap lain, dengan hanya menyisakan satu seri lagi pekan depan, di GP Portugal. Mir pun dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com