Honda City Hatchback Siap Meluncur, Bakal Jadi Pengganti Jazz?

Kompas.com - 15/11/2020, 14:42 WIB
Sebuah gambar paten Honda City Hatchback autoindustriya.comSebuah gambar paten Honda City Hatchback
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah muncul lewat gambar paten dan olah digital, teka-teki soal Honda City varian hatchback akhirnya terjawab. Mobil ini dipastikan akan segera meluncur di Thailand pada 24 November mendatang.

Dilansir dari laman Facebook Honda Thailand, kabarnya mobil ini akan menjalani world premiere. Pada hari yang sama perusahaan bakal merilis City versi e:HEV untuk pertama kalinya di dunia.

Untuk diketahui, Honda City generasi baru sebelumnya telah dikenalkan pertama kali di Malaysia pada Oktober 2020.

Baca juga: Pembangunan Pabrik Baterai Tesla di Indonesia Segera Dimulai

Namun peluncuran tersebut ternyata bukan satu-satunya. Honda ternyata punya banyak rencana dengan sedan ini, termasuk peluncuran versi hatcback dan model bermesin hybrid.

Paultan melaporkan, City hatchback pertama kali muncul saat gambar paten mobil ini beredar secara masif di internet pada pertengahan 2020.

Singkatnya, kita seperti diperlihatkan sesuatu yang benar-benar baru. Padahal di China, Dongfeng Honda pernah menawarkan City versi liftback yang disebut Gienia, yang terlihat mirip dengan model anyar tersebut.

Baca juga: Valentino Rossi Bicara Soal Joan Mir, Pantaskah Jadi Juara?

Honda City terbaru meluncur di Malaysia.paultan.org Honda City terbaru meluncur di Malaysia.

Secara dimensi, City hatchback diperkirakan bakal lebih pendek dari model sedan, namun dengan panjang sumbu roda yang sama.

Sebagai referensi, City memiliki dimensi (PxLxT) 4.553 mm x '1.748 mm x 1.467 mm, serta jarak wheelbase 2.589 mm.

Urusan dapur pacu, City mengusung mesin bensin 3-silinder berkapasitas 1.000 cc dengan turbocharged yang menghasilkan tenaga 122 ps atau setara 120 tk dan torsi 173 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT dengan 7-percepatan.

Baca juga: MPV Bekas di Bawah Rp 100 juta di Balai Lelang, Ada Mobilio, Avanza sampai Innova

Desain Honda City Hatchback yang berkemungkinan menjadi Jazz untuk pasar Asia Tenggara.Paultan Desain Honda City Hatchback yang berkemungkinan menjadi Jazz untuk pasar Asia Tenggara.

Sementara mesin e-HEV terdiri dari motor listrik i-MMD dengan dukungan sebuah generator yang berupa baterai lithium-ion 1,3 kWh. Motor listrik ini menghasilkan tenaga 108 ps atau setara 106 tk dan torsi 253 Nm.

Selain itu, mobil ini tetap mengusung mesin bakar internal berupa unit 1.500 cc Atkinson-cycle DOHC i-VTEC bertenaga 98 ps atau setara 96 tk dan torsi 127 Nm.

Tidak ada girboks multi kecepatan konvensional di sini, melainkan sebuah transmisi kecepatan tunggal e-CVT yang memungkinkan mesin mendapat penggerak langsung pada kecepatan yang lebih tinggi.

Baca juga: Pilih Crutchlow, Lorenzo Sebut Yamaha Menukar Emas dengan Perunggu

Desain Honda City Hatchback yang berkemungkinan menjadi Jazz untuk pasar Asia Tenggara.Pautan Desain Honda City Hatchback yang berkemungkinan menjadi Jazz untuk pasar Asia Tenggara.

Dengan kehadiran City hatchback, apakah artinya Jazz generasi keempat yang sudah meluncur di Jepang dan Eropa bakal absen di Negeri Gajah Putih?

Lalu apakah mobil ini yang akan menjadi pengganti Honda Jazz di Indonesia? Patut kita nantikan kabar kelanjutannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X