Cara Benar Bonceng Anak Kecil dengan Sepeda Motor

Kompas.com - 09/10/2020, 18:01 WIB
Membonceng anak menggunakan sepeda motor Foto: IstimewaMembonceng anak menggunakan sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.comMotor memang menjadi kendaraan yang jamak digunakan penduduk Indonesia. Tidak jarang, motor juga digunakan untuk memboncengkan orang, termasuk anak kecil.

Memboncengkan anak kecil tidak semudah orang dewasa. Jika tidak waspada, anak kecil bisa terjatuh karena kakinya yang belum menapak ke footstep serta mengantuk.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada lima hal yang perlu diperhatikan saat naik motor sambil memboncengkan anak kecil.

Baca juga: Cara Benar Mendorong Mobil Transmisi Matik yang Mogok

Kesalahaan pengemudi motor yang bonceng anakKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Kesalahaan pengemudi motor yang bonceng anak

“Pertama, baik pengendara maupun penumpang wajib pakai helm. Helm untuk anak juga harus standar SNI, jangan cari corak yang menarik saja,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (8/10/2020).

Sony menambahkan, helm anak kecil yang abal-abal memang bentuknya sama seperti helm pada umumnya, namun tidak bisa melindungi kepala dari benturan. Kedua, anak yang dibonceng harus duduk di belakang.

“Kalau kakinya belum sampai ke footstep, anak tersebut harus dipasangi sabuk pengaman motor yang diikatkan ke tubuh pengendara,” kata Sony.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Terbaru Hadir Duluan di Vietnam

Membonceng anak juga tidak disarankan untuk di depan. Posisi anak yang di depan memang mengganggu manuver, bisa berbahaya saat terjadi kecelakaan, anak bisa lebih parah cederanya.

“Ketiga yaitu cara berkendara dan bermanuver juga harus lebih halus, agar keseimbangan anak terjaga,” kata dia.

Keempat, pengemudi juga harus kurangi kecepatannya, sekitar 10 kpj dari kecepatan yang biasa. Terakhir, tidak melanggat rambu-rambu lalu lintas, apalagi melawan arus.

"Inti dari lima hal ini agar menumbuhkan rasa tanggung jawab si anak kelak setelah dewasa," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X