Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentrem Siapkan Bus Baru Model Single Glass?

Kompas.com - 11/11/2020, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini tren bus kaca ganda atau double glass memang menjamur di pasaran. Hampir semua perusahaan otobus (PO) menggunakan model bus ini sebagai armada baru.

Hal yang saat ini langka yaitu bus baru yang menggunakan model single glass, kaca tunggal yang besar di depan. Tren single glass memang sudah lewat zamannya, tetapi kalau dilihat sekarang, malah menjadi unik di tengah-tengah bus lain yang memakai double glass.

Berdasarkan postingan PO Sabar Subur di Instagram, ada foto bus baru namun hanya dari sisi belakang. Kabarnya bus dengan bodi Avante dari karoseri Tentrem ini akan memakai model single glass.

Baca juga: Ini Susunan Pebalap MotoGP 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

The Legend is REBORN. Coming Soon

A post shared by PO SABAR SUBUR (@po_sabar_subur) on Nov 7, 2020 at 11:32pm PST

 

Setelah Kompas.com konfirmasi ke salah satu Sales karoseri Tentrem, masih belum mau konfirmasi apakah menggunakan kaca single atau double.

“Tunggu aja, nanti biar jadi surprise. Masih proses pembuatan, kira-kira dua mingguan baru beres,” ucap Dimas Raditya, Sales Karoseri Tentrem kepada Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Dimas juga enggan mengatakan memakai varian Avante H berapa. Karena sebelumnya, Tentrem pernah merilis bodi Avante H7X, varian single glass dari Avante H7 yang dibuat untuk Pertamina.

Bus karoseri tentreminstagram/hudan_fachrudi Bus karoseri tentrem

Untuk spesifikasi bagian bodi Avante H7X , sama dengan Avante H7 biasa. Namun ada perubahan pada bagian muka yang menggunakan model Avante H9 yang lebih besar. Lalu kaca dan pilar A mengikuti model Scorpion X dari Tentrem yang single glass.

Selain Tentrem, karoseri Laksana juga pernah merilis bodi bus besar dengan single glass. Waktu itu bodinya memakai Legacy SR2 HD Prime single glass milik PO Sumber Alam yang memakai konfiguasi kursi 1-1-1 atau social distancing bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com