Secuil Histori 100 Tahun Mazda di Industri Otomotif

Kompas.com - 12/11/2020, 10:22 WIB
Media test drive All New Mazda3 Kompas.comMedia test drive All New Mazda3

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda Motor Corporation resmi merayakan hari jadinya yang ke-100 atau satu abad di industri otomotif global pada 30 Januari 2020.

Meniti karir dari 1920, menariknya pabrikan asal Jepang ini tidak diawali dengan memproduksi kendaraan bermotor melainkan gabus untuk tutup botol wine atau minuman anggur.

Kala itu, nama yang diusung ialah Toyo Cork Kogyo Co. Ltd dengan nakhoda Jujiro Matsuda. Pada tahun itu pula, ia dilantik sebagai Presiden hingga kemudian membuat berbagai terobosan menarik.

Baca juga: Mazda3 Edisi Spesial Ulang Tahun ke-100, Hanya 20 Unit

Mazda3 100th Anniversary EditionKOMPAS.com/Ruly Mazda3 100th Anniversary Edition

Enam tahun menjabat atau tepatnya di 1927, perusahaan mengganti identitasnya menjadi Toyo Kogyo Co.,Ltd dan mulai mencoba melahirkan kendaraan untuk memudahkan bisnis perjalannnya.

"Tepat pada 1931, produksi pertama kendaraan Mazda merupakan pikap 3-roda dengan nama Mazda-GO. Ini terus berlanjut sampai pada akhirnya Jujiro dinobatkan sebagai bapaknya Mazda hingga kini," ujar Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Fedy Dwi Parileksono, Rabu (11/11/2020).

Fedy melanjutkan, saat itu Mazda dibantu Mitsubishi untuk memasarkan kendaraan tersebut. Mitsubishi bertugas menjadi distributor Mazda Go, sementara manufaktur ditangani Mazda.

"Kita ketahui 1945 ada peristiwa bom atom Hiroshima-Nagasaki. Mazda Go turut membantu memulihkan kembali kota Hiroshima," sebut Fedy.

Baca juga: Kisaran Biaya Kepemilikan Mazda CX-30, Servis hingga Pajak Tahunan

 

Mazda-go, kendaraan pertama yang dibuat oleh Mazda tahun 1931.Kompas.com/Wisnubrata Mazda-go, kendaraan pertama yang dibuat oleh Mazda tahun 1931.

Pada 1960, Mazda mulai memprodukssi kendaraan roda empat pertamanya, yakni R360 Coupe. Sejak saat itu, mobil-mobil keren Mazda terus dilahirkan hingga memasuki periode 1967 dengan lahirnya model 110S atau Mazda Cosmo Sport.

Melalui berbagai besutan yang inovatif disertai mesin rotary, sontak nama Mazda sebagai produsen kendaraan bermotor mulai mencuat.

"Mazda identik dengan mesin rotary. Semua itu dilakukan 1967. Mazda memperkenalkan 110S Mazda Cosmo Sport. 10A enginee kode 0810. Pada saat itu bisa mencapai 110 hp pada 7.000 rpm torsinya lumayan besar," kata Fedy.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X