Tekan Potensi Kecelakaan, Berikut Tips Aman Mengemudi Saat Hujan

Kompas.com - 06/11/2020, 19:41 WIB
Ilustrasi berkendaraa saat hujan. CarGuide.PHIlustrasi berkendaraa saat hujan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap pengendara kendaraan bermotor di jalan memiliki potensi untuk mengalami kecelakaan lalu lintas, baik yang disebabkan diri sendiri maupun orang lain.

Oleh sebab itu, sudah menjadi keharusan bagi pengemudi memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam berkendara guna menekan hal tersebut, di samping mempersiapkan kendaraan terkait.

Apalagi, saat ini berbagai wilayah di Indonesia tengah memasuki musim penghujan yang membuat jalanan lebih licin dari biasanya. Kemudian, tak jarang juga jarak pandang pengemudi jadi terbatas.

Baca juga: Pilihan Mobil 7-Seater Baru di Bawah Rp 200 Juta

Dalam upaya mengurangi potensi yang tak diinginkan tadi, Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya menyatakan bahwa ada beberapa aspek yang patut diperhatikan.

Tampilan baru instrument cluster. Layar MID kini berukuran ukuran 3,5 inci dengan tampilan baru.Febri Ardani/Otomania Tampilan baru instrument cluster. Layar MID kini berukuran ukuran 3,5 inci dengan tampilan baru.

Kurangi Kecepatan

Pertama, biasakan untuk mengurangi kecepatan mobil ketika melintas di kawasan yang sedang turun hujan. Sehingga, pengemudi memiliki kontrol lebih baik.

"Selain itu, terkait pula dengan performa kendaraan yang menurun di tengah hujan deras, seperti ban dan rem yang mempunyai peran sangat penting dalam menjaga laju mobil," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/11/2020).

Mudahnya, lanjut Ricky, kurangi kecepatan mobil sekitar 20-30 kilometer per jam atau 20 persen dari kecepatan normal.

Ilustrasi mobil melintas di jalan tolKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Ilustrasi mobil melintas di jalan tol

Fokus dan Waspada

Berkurangnya daya pandang dan performa mobil di waktu hujan membuat pengendara harus menaikkan fokus dan lebih waspada pada kondisi sekitar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X