Tidak Ada Penindakan Tilang Selama Uji Coba Bebas Kendaraan di Malioboro

Kompas.com - 05/11/2020, 18:01 WIB
Suasana malioboro saat macet libur panjang kemarin Kamis (29/10/2020) Kompas.com/Wisang Seto PangaribowoSuasana malioboro saat macet libur panjang kemarin Kamis (29/10/2020)
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polresta Yogyakarta memastikan tidak akan melakukan penindakan berupa sanksi tilang terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melewati Jalan Malioboro selama periode uji coba jalur pedestrian penuh di sana.

Para pengendara yang tak sengaja melewati beberapa ruas bebas kendaraan tersebut akan diberikan edukasi dan arahan, termasuk mengenai penerapan protokol kesehatan.

"Tidak ada penegakan hukum yang bersifat penilangan. Semuanya bersifat edukasi dan imbauan, mengingat saat ini juga masih dilasanakan Operasi Zebra Progo 2020," kata Kasat Lantas Polresta Jogja AKP Imam Bukhori, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Harga Jimny Bekas Lebih Mahal dari Baru, Tembus Setengah Miliar Rupiah

Suasana ujung malioboro sisi selatan, yang dilewati wisatawan Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Suasana ujung malioboro sisi selatan, yang dilewati wisatawan

"Tidak lupa, kita mendorong masyarakat untuk melakukan protokol pencegahan penularan Covid-19," lanjutnya.

Menurut Imam, tidak bijak melakukan penilangan terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran lalu lintas di sekitar Malioboro, saat diterapkannya uji coba manajemen rekayasa lalu lintas dalam mendukung upaya pedestrianisasi Malioboro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak mungkin di masa uji coba kita melakukan penegakan hukum kepada pengguna jalan. Itu salah juga. Karena tidak bersifat edukasi kepada masyarakat. Kita semua mengutamakan imbauan, sosialisasi, dan edukasi," tegas dia.

Lebih lanjut, Imam dan jajarannya dibantu dengan Dishub DIY maupun Kota Jogja dan Satpol-PP DIY dan Kota Jogja melakukan rekayasa lalu lintas bermula dari dari simpang tiga gardu Anim yang terletak di sebelah utara Hotel Inna Malioboro.

Baca juga: Uji Coba bebas Kendaraan Bermotor Mulai Berlangsung di Malioboro

Masyarakat menikmati uji coba malioboro bebas kendaraan bermotor Selasa (4/11/2020).Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Masyarakat menikmati uji coba malioboro bebas kendaraan bermotor Selasa (4/11/2020).

"Semua kami tutup dari arah selatan. Kemudian, diarahkan semua kendaraan bermotor ke arah barat. Untuk jalan Malioboro juga kita tutup hanya untuk kendaraan tertentu seperti TransJogja, kendaraan dinas, serta becak," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan bahwa langkah ini diambil guna menciptakan kawasan Malioboro ramah wisatawan dan masyarakat DIY.

"Kita tunggu hasil uji cobanya. Ini kan uji coba mau dua minggu. Dari situ, kan, kelihatan bagaimana titik-titik kemacetan, bagaimana teman-teman berusaha di sana, pedagang kaki lima, kita lihat. Nanti perkembangannya kalau memang positif dan itu lebih bagus, ya, kita akan berlakukan terus," kata dia.

"Namanya uji coba itu kan memang rencana untuk diberlakukan. Kalau masih ada hal yang harus kita perlu evaluasi, perbaikan, ya akan kita perbaiki," lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X