Benarkah Memakai Pelek Lebih Besar Bikin Boros BBM?

Kompas.com - 05/11/2020, 19:01 WIB
Pikap kabin ganda dub style thegaspol.comPikap kabin ganda dub style

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti pelek mobil merupakan salah satu modifikasi yang mudah untuk dilakukan. Pilihan modelnya juga ada banyak, bisa menyesuaikan dengan konsep modifikasi yang ingin diterapkan ke mobil kesayangan.

Jika ingin lebih mudah lagi, ganti ukuran pelek jangan terlampau besar, maksimal dua tingkat di atas ukuran standar. Jika melebihi dari itu, akan ada penyesuaian di area suspensi, menyetel caster dan camber.

Selain itu, ada juga yang mengatakan kalau memakai pelek lebih besar, akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Benarkah hal ini?

Baca juga: PO Garuda Mas Tambah Dua Bus Tingkat untuk Armada AKAP

Pelek mobil, beli mahal-mahal, perawatannya harus khusus.Donny Apriliananda Pelek mobil, beli mahal-mahal, perawatannya harus khusus.

Dealer Technical Support Dept. PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, sebaiknya memang kalau mau ganti ukuran pelek lebih besar, maksimum dua inci saja dan ketinggian ban diturunkan sehingga diameter ban baru tidak begitu berbeda dengan yang lama.

“Biasanya semakin besar dan lebar akan berpengaruh kepada konsumsi bahan bakar,” ucap Didi kepada Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Sebab dari semakin boros konsumsi bahan bakar yaitu lebarnya tapak ban membuat semakin besar pula permukaan ban yang menyentuh tanah. Semakin besar permukaan yang menyentuh tanah, besar juga gesekannya.

Baca juga: Mulai Berbayar, Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Punya Area Parkir Darurat

“Gesekan ban ke tanah yang besar ini lah yang membuat mobil menjadi lebih berat saat berjalan. Hal ini berlaku baik sebelum ban bergulir, maupun pas sedang berjalan,” kata Didi.

Memang jika menggunakan ban yang lebih besar akan membuat cengkeraman lebih baik. Namun dibalik itu, Didi mengatakan kalau ada kompensasinya yaitu berpengaruhnya pada konsumsi bahan bakar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X