Panik Saat Mengalami Kecelakaan Wajar, Tapi Jangan Berlarut-larut

Kompas.com - 04/11/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi kecelakaan mobil terbalik. SHUTTERSTOCKIlustrasi kecelakaan mobil terbalik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Panik adalah kondisi yang wajar dirasakan oleh seseorang ketika mengalami kecelakaan. Namun, jangan biarkan perasaan panik itu berlarut-larut dalam waktu yang panjang setelah kejadian.

Sebab, kepanikan akan membuat otak sulit berpikir jernih, sehingga tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika dalam keadaan genting dan terdesak usai mengalami kecelakaan.

Pada beberapa kasus kecelakaan mobil, kepanikan dapat berakibat fatal. Misalnya, kecelakaan yang menyebabkan mobil tenggelam. Jika sudah panik, cara membuka sabuk pengaman (seat belt) saja bisa terlupakan.

Baca juga: Perbedaan Mobil Penggerak Depan dan Belakang saat Over Steer

“Biasanya, seat belt enggak bisa terbuka karena panik. Dia lupa mau buka seat belt saja sampai mutar-mutar,” ujar Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu kepada Kompas.com.

Mobil TenggelamKompas Otomotif Mobil Tenggelam

Menurut Jusri, hingga saat ini dirinya belum pernah menemukan kasus sabuk pengaman mengalami macet usai kecelakaan. Sebab berdasarkan uji coba, sabuk pengaman tetap bisa dilepaskan meskipun dalam keadaan terendam air.

Baca juga: Ini Penyebab Boks CVT Skutik Bunyi

“Kecuali, seat belt menggunakan komponen elektronik, kalau terendam kan rusak,” kata Jusri.

Oleh karena itu, selalu berusaha tenangkan diri meski mengalami kecelakaan. Dengan keadaan diri yang tenang, peluang menyelamatkan diri menjadi lebih besar. Bahkan, tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, tetapi juga bisa menolong orang lain yang turut serta dalam kecelakaan tersebut.

“Jangan panik setelah kecelakaan, baik penumpang atau pengemudi. Bagi yang masih sadar, segera menolong diri sendiri dan orang lain,” ucap Jusri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X