Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Penyesuaian Tarif di Tol JORR I, ATP, dan Pondok Aren-Ulujami

Kompas.com - 04/11/2020, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 7 November 2020 pukul 00.00 WIB, Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) I, Akses Tanjung Priok (ATP), dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami akan mengalami penyesuaian tarif.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1522/KPTS/M/2020 .

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menjelasakan penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Baca juga: Rincian Tarif Baru Tol JORR I Mulai 7 November 2020

"Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. Adapun pada penyesuaian tarif tol ini menggunakan besaran inflasi periode 1 Agustus 2018 sampai 31 Juli 2020 yaitu sebesar 5,52 persen," ucap Dwimawan Heru Santoso, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangan resminya, Selasa (3/11/2020).

Lebih lanjut juga dijelaskan bila penyesuaian tarif dibutuhkan untuk memastikan iklim investasi jalan tol yang kondusif. Juga berkaitan dengan menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar, serta menjamin level of service sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Kawan JM, Dalam waktu dekat akan diberlakukan penyesuaian tarif untuk Jalan Tol JORR I, Jalan Tol Akses Tj. Priok (ATP), dan Jalan Tol Pondok-Aren-Ulujami, sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR No. 1522/KPTS/M/2020. Jaringan jalan Tol ini berperan penting dalam kelancaran transportasi dan distribusi logistik bagi kota Jakarta dan wilayah penyangga sekitarnya karena memiliki posisi strategis dalam menghubungkan bandara Soekarno Hatta dan Pelabuhan Tj Priok. Seluruh BUJT pengelola Jaringan Jalan Tol JORR I dan ATP yang terdiri dari Jasa Marga, Hutama Karya, Marga Lingkar Jakarta, dan Jakarta Lingkar baratsatu berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan di sepanjang koridor jalan tol, baik dari sisi pemeliharan jalan, layanan operasi, maupun sistem transaksi sehingga Kawan JM dapat lebih nyaman ketika berkendara. Simak perubahan tarifnya pada infografis di atas ya Kawan JM. #JasaMarga #JasaMargaConnectingIndonesia #SafetyDrivingOnTheGreenTollRoad #JalanTolJORR

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) on Nov 3, 2020 at 1:31am PST

Seperti diketahui, penyesuaian tarif akan dilakukan oleh empat Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Ruas JORR I. Keempatnya diklaim terus melakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengguna jalan.

Dari segi layanan di bidang transaksi, tengah dilakukan peningkatan kapasitas dengan penambahan Oblique Approach Booth (OAB)/gardu miring, penambahan fasilitas top up elektronik dan belasan unit mobile reader di Gerbang Tol (GT).

Saat ini juga tengah dilakukan ujicoba implementasi Single Lane Free Flow (SLFF) atau transaksi nirsentuh di Ruas JORR. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya guna mendukung program Pemerintah untuk menuju Multi Lane Free Flow (MLFF) di tahun 2022.

Baca juga: Rawan Ditabrak, Bahu Jalan Tol Bukan Tempat Aman Berhenti

Pad bidang layanan lalu lintas, pengelola melakukan upaya penambahan fasilitas jalan tol, pemasangan speed camera CCTV, membangun lokasi penindakan kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) dan pemasangan Weigh in Motion (WIM), optimalisasi fasilitas control room, dan pemasangan GPS pada kendaraan layanan lalu lintas.

Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF) Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF)

Sedangkan dalam hal pelayanan konstruksi, telah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan fisik jalan tol secara periodik, rekonstruksi perkerasan guna meningkatkan kualitas jalan, penghijauan di sepanjang jalan tol, jgua pengecatan marka dan peremajaan rambu-rambu keselamatan dan guardrail.

Berikut tarif baru yang bakal diberlakukan di Jalan Tol JORR I, Akses Tanjung Priok, dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami ;

1.Penyesuaian Tarif JORR dan Akses Tanjung Priok

Gol I: Rp 16.000- yang semula Rp 15.000
Gol II: Rp 23.500- yang semula Rp 22.500
Gol III: Rp 23.500- yang semula Rp 22.500
Gol IV: Rp 31.500- yang semula Rp 30.000
Gol V: Rp 31.500- yang semula Rp 30.000

2.Penyesuaian Tarif Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami

Gol I: Rp 3.000- tetap Rp 3.000
Gol II: Rp 4.500- tetap Rp 4.500
Gol III: Rp 4.500- tetap Rp 4.500
Gol IV: Rp 6.500- yang semula Rp 6.000
Gol V: Rp 6.500- yang semula Rp 6.000

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com