Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Mengaku Tim Satelit dan Pabrikan Sama Saja

Kompas.com - 02/11/2020, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Alex Marquez dipastikan akan pindah membela tim satelit LCR Honda pada MotoGP 2021.

Untuk diketahui, Alex Marquez direkrut Honda Racing Corporation (HRC) pada penghujung Kejuaraan Dunia MotoGP 2019. Alih-alih ditempatkan di tim satelit LCR Honda, dirinya pun justru langsung mendapat tempat di Repsol Honda.

Pada seri-seri awal MotoGP 2020, Alex Marquez menunjukan perfoma yang kurang memuaskan. Namun dirinya tidak menyerah dan perlahan-lahan mulai bangkit hingga berhasil dua kali naik podium dalam tiga seri terakhir.

Baca juga: Urai Kemacetan, Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Contraflow dari KM 65-47

Kendati demikian, usaha Alex Marquez tidak akan membuatnya menetap di Repsol Honda. Adik Marc Marquez ini harus tetap membela tim satelit LCR Honda pada MotoGP 2021. Baginya, ini sudah tidak ada lagi perbedaan yang signifikan antara tim satelit dan tim pabrikan.

“Memang benar bahwa 6-7 tahun lalu Anda tidak punya peluang untuk juara dunia dengan tim satelit, tapi sekarang berbeda. Bagi saya, tidak ada lagi tim satelit sekarang. Mereka ada di atas kertas, tapi tidak ada kaitannya dengan motor,” ujar Alex dikutip dari Speedweek, Minggu (1/10/2020).

Alex Marquez saat sesi tes pra-musim. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Alex Marquez saat sesi tes pra-musim. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

“Lihat saja Quartararo (Petronas SRT). Jika Anda memiliki motor yang sama persis dengan pebalap pabrikan, Anda bisa bertarung untuk Kejuaraan Dunia MotoGP,” lanjut Marquez.

Dalam bebarapa tahun terakhir, beberapa pabrikan yang turut serta dalam MotoGP memberikan motor untuk tim satelit dengan spesifikasi pabrikan. Meski tetap terdapat beberapa perbedaan.

Seperti contoh motor yang ditunggangi pebalap tim satelit Yamaha Petronas SRT Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli memiliki spesifikasi yang tidak berbeda jauh dengan yang digunakan oleh Valentino Rossi. Hasilnya masing-masing pebalap tim satelit bisa mencatat tiga dan dua kemenangan.

Baca juga: Seri Penutup MotoGP Portugal 2020 Terancam Batal

“Ini merupakan kesempatan bagus bagi saya untuk berkembang bersama LCR. Bagi saya itu bukan suatu kemunduran, tetapi jadi lebih kuat sebagai pebalap di kelas MotoGP,” kata Marquez.

Meski akan membela tim LCR Honda, Alex Marquez tetap akan mendapat motor RC213V edisi pabrikan. Oleh sebab itu, dirinya melakukan adaptasi sepanjang musim ini untuk memperbaiki penampilannya pada MotoGP 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com