Alex Marquez Mengaku Tim Satelit dan Pabrikan Sama Saja

Kompas.com - 02/11/2020, 09:42 WIB
Alex Marquez saat berlaga di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) JOSE JORDANAlex Marquez saat berlaga di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Alex Marquez dipastikan akan pindah membela tim satelit LCR Honda pada MotoGP 2021.

Untuk diketahui, Alex Marquez direkrut Honda Racing Corporation (HRC) pada penghujung Kejuaraan Dunia MotoGP 2019. Alih-alih ditempatkan di tim satelit LCR Honda, dirinya pun justru langsung mendapat tempat di Repsol Honda.

Pada seri-seri awal MotoGP 2020, Alex Marquez menunjukan perfoma yang kurang memuaskan. Namun dirinya tidak menyerah dan perlahan-lahan mulai bangkit hingga berhasil dua kali naik podium dalam tiga seri terakhir.

Baca juga: Urai Kemacetan, Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Contraflow dari KM 65-47

Kendati demikian, usaha Alex Marquez tidak akan membuatnya menetap di Repsol Honda. Adik Marc Marquez ini harus tetap membela tim satelit LCR Honda pada MotoGP 2021. Baginya, ini sudah tidak ada lagi perbedaan yang signifikan antara tim satelit dan tim pabrikan.

“Memang benar bahwa 6-7 tahun lalu Anda tidak punya peluang untuk juara dunia dengan tim satelit, tapi sekarang berbeda. Bagi saya, tidak ada lagi tim satelit sekarang. Mereka ada di atas kertas, tapi tidak ada kaitannya dengan motor,” ujar Alex dikutip dari Speedweek, Minggu (1/10/2020).

Alex Marquez saat sesi tes pra-musim. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Alex Marquez saat sesi tes pra-musim. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

“Lihat saja Quartararo (Petronas SRT). Jika Anda memiliki motor yang sama persis dengan pebalap pabrikan, Anda bisa bertarung untuk Kejuaraan Dunia MotoGP,” lanjut Marquez.

Dalam bebarapa tahun terakhir, beberapa pabrikan yang turut serta dalam MotoGP memberikan motor untuk tim satelit dengan spesifikasi pabrikan. Meski tetap terdapat beberapa perbedaan.

Seperti contoh motor yang ditunggangi pebalap tim satelit Yamaha Petronas SRT Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli memiliki spesifikasi yang tidak berbeda jauh dengan yang digunakan oleh Valentino Rossi. Hasilnya masing-masing pebalap tim satelit bisa mencatat tiga dan dua kemenangan.

Baca juga: Seri Penutup MotoGP Portugal 2020 Terancam Batal

“Ini merupakan kesempatan bagus bagi saya untuk berkembang bersama LCR. Bagi saya itu bukan suatu kemunduran, tetapi jadi lebih kuat sebagai pebalap di kelas MotoGP,” kata Marquez.

Meski akan membela tim LCR Honda, Alex Marquez tetap akan mendapat motor RC213V edisi pabrikan. Oleh sebab itu, dirinya melakukan adaptasi sepanjang musim ini untuk memperbaiki penampilannya pada MotoGP 2021.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X