Sisa Kemewahan di Kabin Varian Termurah Wuling Cortez

Kompas.com - 02/11/2020, 08:42 WIB
Wuling Cortez CT Type S KOMPAS.COM/STANLY RAVELWuling Cortez CT Type S
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas bagian eksterior, giliran mengulik sisi kabin alias interior dari Wuling Cortez CT varian termurah, yakni Type S.

Ketika awal membuka pintu, lagi-lagi sekilas tak ada perbedaan yang mencolok dengan dua varian di atasnya. Tata letak atau layout yang ditampilkan nampak sama dan didominasi dengan warna gelap.

Sentuhan dua warna terlihat dari ornamen pada bagian dasbor serta balutan jok sintetis mulai dari baris pertama hingga ke tiga. Sementara di tengah dasbor, terdapat head unit layar sentuh 8 inci yang bisa terkoneksi dengan ponsel.

Datang sebagai varian yang lebih terjangkau, boleh dibilang Cortez CT Type S masih berlimpah fitur. Hal ini bisa dilihat dari gagang kemudi yang masih dilengkapi tombol pengaturan audio, bahkan Wuling tak memangkas fitur one push start/stop button yang dilengkapi dengan keyless entry.

Baca juga: [VIDEO] Review Varian Terendah Wuling Cortez CT Type S

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Bila melihat dari segi fitur yang dimiliki Cortez CT Type S, tentu saja lebih unggul dari kompetitor. Apalagi, Wuling memasarkan dengan harga yang bisa dibilang jauh lebih bersahabat dan mengesankan para rivalnya jadi overprice.

Sementara sebagai pembeda antara varian bawah dan atas, bisa ditemukan dari material interior yang digunakan. Untuk Type S secara kualitas sedikit menurun dibandingkan varian tertinggi yang sudah menggunakan material soft touch.


Tak hanya itu, Type S juga masih menggunakan tuas rem tangan alias handbrake, sementara untuk Type C dan L sudah serba elektrik yang cukup ditekan saat akan menggunakan. Fitur electronic stability control (ESC) juga absen pada Type S.

Jangan harap terdapat sunroof seperti versi atasnya, karena untuk menyesuaikan bujet pemilik, maka Type S ini juga dibuat lebih sederhana.

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Terakhir, meski masih mengusung dual SRS airbag, namun untuk side airbag layaknya varian atas juga ikut dipangkas, tapi untuk fitur keselamatan lain, seperti anti-lock brake system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD) sampai empat buah cakram masih tersemat dengan baik.

Kelapangan

Masalah kenyamanan dalam hal kelapangan, bisa dibilang tak ada yang berubah. Baik baris pertama sampai baris kedua, masih cukup lapang untuk ukuran penumpang dewasa dengan tinggi 170 cm.

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Walau demikian, untuk baris ketiga memang harus diakui bila sedikit minus di ruang kaki, terlebih bila jok pada baris tengah dimundurkan oleh penumpangnya. 

Menariknya, meski datang sebagian varian termurah, tapi Cortez CT Type S CVT sudah memiliki konfigurasi jok captain seat pada baris kedua yang membuat penumpang makin nyaman dalam perjalanan.

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Wuling juga mendesain ventilasi pendingin udara yang langung melekat pada atap. Dengan demikian, membuat ruang kepala penumpang juga terkesan lebih lapang, bahkan pengaturannya sudah digital, sementara pada baris pertama masih menggunakan knob.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X