Yamaha Tetap Ingin Ada Test Rider di Eropa

Kompas.com - 31/10/2020, 11:42 WIB
Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Teruel. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP) PIERRE-PHILIPPE MARCOUMaverick Vinales saat berlaga di MotoGP Teruel. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, peningkatan Yamaha terbilang lambat. Test rider yang ada di Eropa, Jorge Lorenzo, tidak bisa berbuat banyak.

Meski demikian, Yamaha tetap menginginkan adanya tim pengetesan di Eropa. Sebab, walaupun musim ini terlihat kompetitif, tapi motor Yamaha M1 masih mengalami banyak kelemahan yang dikeluhkan pebalapnya.

Baca juga: Yamaha Belum Menyerah Tingkatkan Top Speed M1

Salah satunya adalah Maverick Vinales. Pebalap asal Spanyol ini mengatakan, motor Yamaha M1 musim ini sedikit sulit untuk dikendarai.

Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).AFP/ANDREAS SOLARO Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).

"Hal tersebut bukan hanya saya saja yang merasakan, tapi pebalap Yamaha lainnya juga merasakannya," ujar Vinales, dikutip dari Speedweek.com.

Sayangnya, test rider Yamaha, Jorge Lorenzo, yang ada di Eropa tidak bisa membantu banyak karena terkendala pandemi. Jadi, sulit bagi tim pengetesan ini untuk melakukan perjalanan.

Sebab, walaupun Lorenzo yang menjadi test rider dan Silvano Galbusera sebagai kepala mekaniknya, tapi sebagian besar teknisinya adalah orang Jepang.

Baca juga: Rumors Dovi Masuk ke Yamaha, Lorenzo Geser ke Aprilia

Project Manager Yamaha MotoGP Takahiro Sumi, mengatakan, Yamaha mencoba untuk melakukan banyak pengetesan musim ini di Eropa.

"Itulah rencana kami, tapi sayangnya situasi sekarang tidak mengizinkan kami, karena perjalanan bebas tidak memungkinkan. Tentu saja kami tidak menduganya sama sekali," kata Sumi.

Sumi menambahkan, Yamaha kehilangan keuntungan. Sehingga, Lorenzo hanya berkesempatan untuk mengetes motor Yamaha di Sepang pada Februari lalu.

Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).AFP/ANDREAS SOLARO Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).

Itu pun M1 versi 2019 yang digunakannya. Begitu pula saat tes di Sirkuit Portimao, karena pandemi, M1 versi 2020 tidak bisa didatangkan.

"Sangat disayangkan, tapi kami mencoba mencari cara untuk musim berikutnya untuk melakukan pengetesan di sirkuit-sirkuit Eropa. Kami akan lanjut di arah ini tahun depan," ujar Sumi.

Sumi mengatakan, Yamaha sekarang sedang mempertimbangkan bagaimana cara membentuk struktur tim bersama. Sayangnya, tidak disebutkan siapa yang akan menjadi test rider Yamaha. Apakah Lorenzo atau pebalap lainnya, seperti Andrea Dovizioso?

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X