Cuci Motor Pakai Kompresor, Waspada 4 Komponen ini Rusak

Kompas.com - 31/10/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi cuci motor http://4.bp.blogspot.com/Ilustrasi cuci motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci sepeda motor menggunakan air bertekanan ( kompresor). Namun, perlu diwaspadai bahwa penggunaan alat ini juga berpotensi merusak beberapa komponen motor.

Kompresor banyak digunakan oleh tukang cuci motor di pinggir jalan. Sebab, mencuci motor menjadi lebih efisien, tidak begitu lelah dan lebih cepat.

Baca juga: Libur Panjang di Rumah Aja, Begini Cara Benar Mencuci Motor

Ade Rohman, selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), menyarankan, saat mencuci sepeda motor tidak menggunakan air bertekanan tinggi. Sebab, dapat menganggu dan merusak bagian-bagian komponen pada motor.

Ilustrasi cuci motorafifmotor.files.wordpress.com Ilustrasi cuci motor

Setidaknya, ada empat komponen yang dapat rusak, antara lain radiator, rantai roda, panel instrumen, dan lubang box elemen cleaner.

"Bagian pada sirip-sirip radiator sangat sensitif terhadap benturan dengan benda lainnya, sehingga tidak disarankan menggunakan air bertekanan tinggi," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Hindari Sering Cuci Motor dalam Kondisi Panas

Selanjutnya pada rantai roda, Ade menambahkan, jika dibersihkan dengan air bertekanan tinggi, pelumas yang tersimpan pada bagian dalam roller rantai bisa keluar. Sehingga bagian dalam rantai menjadi cepat rusak.

"Panel speedometer, kunci kontak, lampu-lampu atau komponen sistem kelistrikan juga sangat sensitif terhadap air bertekanan tinggi. Sebab, air bisa masuk dan mengganggu fungsi kerja komponen tersebut," kata Ade.

Terakhir, menurut Ade, penting juga untuk memerhatikan lubang box elemen cleaner, jangan sampai kemasukan air saat dicuci.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X