Laksana Sudah Merilis Satu Unit Double Decker Milik PO Laju Prima

Kompas.com - 31/10/2020, 07:22 WIB
Bus tingkat Laju Prima bus-truck.idBus tingkat Laju Prima

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir September 2020, tersebar berbagai video yang menunjukkan bus Legacy SR2 Double Decker buatan karoseri Laksana milik PO Laju Prima yang sedang diuji jalan.

Akhirnya sebulan kemudian, satu unit bus tingkat milik PO yang satu grup dengan Hiba Utama ini sudah meluncur. Bus yang didominasi warna ungu muda ini merupakan satu dari dua bus tingkat yang dipesan ke karoseri Laksana.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, kalau PO Laju Prima baru mengambil satu unit saja, sedangkan satu lagi ada jadwalnya tersendiri.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Balai Lelang Akhir Bulan, Ada Yaris hingga Accord

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

DETIK-BUS . Sedikit penampakan interior si ungu DD. Deck atas seat 2-2 + footrest, deck bawah seat 2-2 + legrest. Kayaknya nunggu semuanya beres baru rilis. Udah pada ga sabar ya?? Kira-kira buat jatah mana ya?? Jangan lupa untuk LIKE & FOLLOW ya sahabat, serta SHARE informasi ini untuk dapat memberikan manfaat dan juga hiburan kepada banyak orang. ???????? . Salam, Kemenbus Terimakasih . #bismania #bismaniacommunity #busmaniacommunity #busmania #busmaniacom #indonesianbus #fotobisindonesia #fotobusindonesia #fotobusshd #busphotography #photobuskita #bisphotogram #buslovers #sukafotobis #ayonaikbis #ayonaikbiscom #eatsleepbus #eatsleepbusindo #officialfotobusindonesia #busenthusiast #gallerybisindonesia #mybusmyadventure #potretbis #lajuprima #murnijaya #hibautama #laksanakaroseri #volvob11r #pojokbus #kemenbus . Sumber : Facebook

A post shared by Kemenbus (@kemenbus) on Oct 28, 2020 at 11:40pm PDT

 

“Kenapa baru satu yang diambil? Ya karena memang jadwalnya seperti begitu,” ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (30/10/2020).

Werry mengatakan, ada dua unit bus Legacy SR2 Double Decker milik PO Laju Prima yang menggunakan sasis Volvo. Untuk spesifikasi dari sasis Volvo B11R yaitu memiliki mesin diesel 11.000 cc enam silinder segaris dengan turbo dan intercooler.

Dari mesin tersebut, bisa menghasilkan 430 TK dan torsi 1.970 Nm yang disalurkan dengan transmisi otomatis milik Volvo yaitu I-Shift. Sasis ini juga tipe tronton, yang memiliki tiga as roda atau triple axle, cocok untuk mengangkut bodi bus tingkat.

Baca juga: Test Drive BMW X7, Mobil Sultan yang Keistimewaannya Beda

Untuk bagian kabin, Werry mengatakan kalau di lantai bawah menggunakan susunan kursi dua di kanan dan dua di kiri (2-2), begitu juga susunan kursi di atas. Biasanya di PO lain menggunakan susunan kursi 2-1 di bawah, menggunakan kursi yang lebih lebar.

“Jadi bisa muat lebih banyak penumpang dengan susunan kursi 2-2 di bawah,” kata Werry.

Berdasarkan foto yang diupload oleh akun Kemenbus, fasilitas yang ada di kabin atas dan bawah ada perbedaan. Kursi di kabin atas hanya memiliki foot rest, sedangkan di dek bawah ditambah dengan leg rest.

Kabarnya, PO Laju Prima membuat dua unit bus double decker. Untuk trayeknya sendiri sekitar Pulau Jawa dan melalui Tol Transjawa.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X