Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas di Jakarta Selama Libur Panjang Diklaim Turun

Kompas.com - 30/10/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi suasana lalu lintas di Kuala Lumpur mobilmo.comIlustrasi suasana lalu lintas di Kuala Lumpur

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat angka kecelakaan lalu lintas di DKI Jakarta selama libur panjang pekan ini, 26-30 Oktober 2020 mengalami penurunan.

Hal ini seiring dengan arus lalu lintas wilayah Ibu Kota yang lancar karena banyaknya warga yang melakukan perjalanan ke luar kota dalam memanfaatkan libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama.

“Angka kecelakaan (selama libur panjang) alhamdulillah turun,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: 3 Hari Libur Panjang, 509.140 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

“Untuk angka pastinya nanti kita sampaikan karena saat ini masih menunggu laporandari anggota di lapangan,” ucap dia.

Selama liburan, Polisi melakukan berbagai skenario dan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan bermotor. Untuk persiapan arus balik, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dalam pemantauan lalin.

Baca juga: Perseteruan Fortuner Vs Vitara di Cibubur, Ingat Cara Redam Emosi

“Ya untuk arus balik kita perkirakan sudah mulai ada peningkatan hari Sabtu dan Minggu kita akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama,” kata Sambodo.

“Artinya kendaraan-kendaraan dari arah Bandung dan daerah Palimanan dari arah Jawa Tengah jika memang sudah terjadi peningkatan kita perkirakan setengah jam sudah masuk wilayah Polda Metro Jaya untuk kita lakukan upaya-upaya,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X