Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Paham, Perbedaan Helm Buat Balap Mobil dan Motor

Kompas.com - 30/10/2020, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada hakikatnya, helm merupakan piranti keselamatan wajib yang berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan sehingga dapat meminimalisir cedera, terutama di ranah balap, baik mobil atau sepeda motor.

Meski secara fungsi dan tujuannya sama, ada spesifikasi khusus yang membedakan antara helm balap untuk mobil dan motor. Hal ini disebabkan karena keperluan proteksi antara helm mobil dan motor tidak sama.

Baca juga: Test Drive BMW X7, Mobil Sultan yang Keistimewaannya Beda

“Kalau secara fisik perbedaannya tidak terlalu jauh. Tapi untuk helm jenis full face, visor helm yang peruntukan balap motor lebih lebar dari helm balap mobil,” ujar Ahmad M, salah satu pegiat komunitas Belajar Helm kepada Kompas.com.

Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020HRC Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

Ahmad melanjutkan, perbedaan lain di balap mobil masih dibolehkan helm jenis open face sedangkan di balap motor sudah pasti full face atau tertutup seluruhnya. Helm jenis open face di balap mobil biasanya ditemui di ajang reli.

Baca juga: Pesona Tampilan BMW X7 Sebagai Pemain Baru SUV Para Sultan

“Khusus untuk balap F1 dan Nascar biasanya di bagian helmnya terdapat clip on. Fungsinya yaitu menempel kebagian neck protector jadi helm tidak gerak. Karena memang tuntutannya begitu,” katanya.

Untuk struktur batok tidak ada perbedaan mencolok antara helm mobil atau motor. Hanya saja pada helm mobil, batoknya biasanya dibuat tahan panas sampai ratusan derajat untuk menjaga pengemudi jika kendaraan terbakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com