3 Langkah Cek Keaslian STNK

Kompas.com - 26/10/2020, 14:21 WIB
Sejumlah STNK asli tapi palsu yang diamankan polisi dari jangan sindikat pemalsuan STNK dan notice pajak. Lima pelaku yang terlibat dalam jaringan kejahatan ini telah diamankan dan dijadikan tersangka KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANSejumlah STNK asli tapi palsu yang diamankan polisi dari jangan sindikat pemalsuan STNK dan notice pajak. Lima pelaku yang terlibat dalam jaringan kejahatan ini telah diamankan dan dijadikan tersangka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan keaslian Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK) sangat penting. Terlebih saat ingin membeli kendaraan seperti mobil atau motor bekas.

Keaslian STNK sangat penting sebab berkaitan dengan keabsahan kendaraan di jalan raya. STNK juga akan jatuh tempo, dan STNK palsu atau yang tidak sesuai tidak bisa diperpanjang.

Baca juga: BMW R18 Classic Masuk Indonesia Tahun Depan

STNK Viar Q1 bebas pajak BBN-KB DKI JakartaFoto: Istimewa STNK Viar Q1 bebas pajak BBN-KB DKI Jakarta

Dikutip dari laman resmi Korlantas Polri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian STNK sebelum membeli mobil atau motor bekas.

Cara ini cukup umum dan mudah dilakukan. Meski demikian memang tidak ada jaminan meski sudah dilakukan, STNK tersebut benar-benar asli.

Baca juga: Biaya Penerbitan STNK dan BPKB Baru

1. Data

Cocokkan data yang tertulis di STNK dengan fisik kendaran. Periksa data pada STNK mulai dari jenis kendaraan, merek, warna, kapasitas mesin, hingga nomor polisi.

Cek tanda tangan dan cap yang ada pada STNK tersebut.

2. Nomor Rangka

Periksa nomor rangka yang ada pada kendaraan. Sangat penting bahwa nomor rangka harus sama dengan yang ada di BPKB dan STNK.

Jika nomor rangka berbeda sebaiknya urungkan niat untuk membeli mobil atau motor bekas tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X