Kriteria Konsumen yang Beli Mobil Baru Saat Pandemi

Kompas.com - 16/10/2020, 14:51 WIB
Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM ADMPeluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Walau pendemi masih melanda, serta isu relaksasi pajak nol persen tak kunjung ada kepastian, namun penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) diklaim mengalami kenaikan.

Tercatat pada September 2020, Daihatsu membukukan penjualan 7.721 unit, naik sekitar 23 persen dibandingkan Agustus yang hanya 6.300 unit.

Lantas hal apa yang membuat penjualan Daihatsu tetap naik, mengingat sejak ada isu relaksasi pajak dikabarkan terjadi perlambatan akibat konsumen yang menunda pembelian.

Baca juga: Kata Daihatsu Soal Relaksasi Pajak Nol Persen

Menjawah hal ini, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International–Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan bila sejauh ini memang kebutuhan akan mobil baru masih tetap ada meskipun dengan kondisi seperti ini.

Daihatsu Ayla R Deluxe AT 2020Dok. Humas Daihatsu/Rianto Prasetyo Daihatsu Ayla R Deluxe AT 2020

"Ternyata pada kenyataanya memang masih ada yang membeli mobil, dari Juni hingga September angkanya naik terus. Pembelinya itu mereka yang benar-benar butuh dan secara finansialnya siap, sehingga dengan demikian penjualan masih terus terjadi," kaca Hendrayadi di acara bincang virtual, Kamis (15/10/2020).

Pernyataan tersebut juga sekaligus menepis anggapan adanya penundaan pembelian mobil yang berdampak cukup signifikan terhadap penjualan akibat isu relaksasi.

Menurut Hendrayadi, tingginya permintaan menandakan bila pasar mobil baru memang masih ada hingga saat ini. Untuk mengoptimalkan strategi penjualan, Daihatsu juga ikut berinovasi, salah satunya menggunakan media digital.

"Karena belum bisa melakukan aktivitas yang offline, kita melakukan secara digital. Kita menyelenggaran customer virtual event secara rutin dua kali setiap bulan, dan ternyata memang pola seperti ini digemari karena ada benefit lebih juga yang kita tawarkan ke konsumen," ujar Hendryadi.

Baca juga: Ada Pandemi, Daihatsu Gelar Kontes Modifikasi Virtual

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

"Melalui cara itu, minimal kita menerima SPK cukup banyak, antara 500 sampai 600-an yang kami dapatkan. Ke depannya, sampai dengan Desember 2020 kami akan mengelar acara tersebut untuk mendukung teman-teman di diler juga," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X