Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Longgarkan Waktu Produksi Sesuai Protokol Kesehatan

Kompas.com - 09/10/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Pabrik Daihatsu siap lakukan 2 shift produksi pada Agustus 2020.ADM Pabrik Daihatsu siap lakukan 2 shift produksi pada Agustus 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pembelakuan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dari 14 September lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga melakukan penyesuaian kapasitas produksi kendaraannya.

Penyesuaian tersebut diklaim Daihatsu melalui takt time atau pacu kerja produksi dalam menghasilkan satu produk. Dari sebelumnya 1,5 menit per unit, menjadi lebih lambat, yakni 3,1 menit per unit.

Pacu kerja atau takt time dihitung berdasarkan rumus waktu operasi yang tersedia dibagi dengan permintaan konnsumen.

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communicatioan Director PT ADM mengatakan, penyesuaian takt time tersebut dilakukan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan, yakni menjaga jarak antar karyawan di produksi 1,5 meter guna menjaga kesehatan dan keselamatan.

Baca juga: Gaikindo Sepakat Mobil Baru Wajib Dilengkapi APAR Mulai 2021

Dampak dari penyesuaian tersebut, berimbas pada kepasitas produksi yang mengalami penurunan dan juga disesuaikan dengan permintaan pasar. Meskipun demikian, ADM tetap optimistis dan dapat menjalankan operasional perusahaan dengan baik di tengah kondisi wabah Covid-19.

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

"Walau pun terjadi penurunan kami masih dapat tetap melakukan aktivitas produksi dengan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan dengan mengoptimalkan karyawan yang bekerja demi meminimalisir penyebaran Covid-19 di seluruh area kerja," ucap Amel dalam keterangan resminya, Kamis (8/10/2020).

Hingga saat ini, Daihatsu juga masih menerapkan kebijakan work from office (WFO) 25 persen dan work from home (WFH) 75 persen. Tiap karyawan Daihatsu yang bekerja di kantor hanya 1 minggu dalam 1 bulan sepanjang periode PSBB.

Baca juga: Selain Toyota, Daihatsu Indonesia Juga Produksi dan Ekspor Mazda ke Jepang

Amel juga menjelaskan bila Daihatsu telah menggunakan aplikasi monitor internal untuk memastikan jarak antar karyawan saat bekerja di kantor agar selalu dalam batas aman, yakni 1,5 meter.

Mazda Bongo kembaran Daihatsu Gran Max meluncur di Jepanghttps://car.watch.impress.co.jp/ Mazda Bongo kembaran Daihatsu Gran Max meluncur di Jepang

Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, produk garapan ADM juga diekspor ke 75 negara. Brand yang digunakan mulai dari Daihatsu, Toyota, hingga yang terbaru pada Sepetember 2020 lalu adalah Mazda Bongo berbasis Daihatsu Gran Max.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com