Banyak yang Keliru, Pahami Perbedaan Facelift dan All New

Kompas.com - 14/10/2020, 16:21 WIB
Sesi test drive All New Corolla Cross (Dok. Toyota) Sesi test drive All New Corolla Cross (Dok. Toyota)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pecinta otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah facelift atau all new, yang kerap disematkan pabrikan otomotif pada produk terbarunya. Misalnya saja yang akan segera meluncur Toyota Fortuner Facelift atau yang sudah mengaspal, all new Corolla Cross.

Kedua istilah tersebut tentu memiliki perbedaan, namun tidak sedikit pula yang menganggap jika keduanya memiliki arti yang sama. Lantas, apa sebenarnya perbedaan antara all new dan facelift?

Seperti yang sudah Kompas.com kutip dari Autotrader.com, Rabu (14/10/2020). Facelift artinya memperbarui suatu model dengan cara melakukan tambahan atau mengubah tampilan, desain dan kelengkapan secara minor. Tetapi, wujud mobil masih sama dengan versi terdahulunya.

Baca juga: Dua Mobil Baru Mitsubishi Siap Meluncur Pekan Depan

Penyegaran tersebut bisa dilihat dari eksterior mobil. Misalnya, perubahan pada headlight, grille, dan tail light. Seperti contoh yang baru-baru ini muncul adalah Toyota Fortuner Facelift dan Toyota Yaris Facelift.

Toyota Fortuner facelift.autoindustriya Toyota Fortuner facelift.

Selain itu, model facelift juga dibuat dengan tujuan menjaga siklus hidup suatu model sebelum versi all new dibuat. Pasalnya, membuat model all new butuh biaya yang mahal, riset berkepanjangan, dan waktu yang relatif lama.

Baca juga: Mengenal MID di Mobil dan Apa Fungsinya

Sementara, all new diartikan sebuah mobil dengan wujud yang benar-benar baru. Baik dari desain, rangka, kode dan kelengkapan-kelengkapan yang baru.

Seperti contoh All New Corolla Cross, yang desainnya beda total dibandingkan dengan model sebelumnya. Tidak hanya desain eksterior dan interior dibuat baru oleh pabrikan, dimensi kabin dan fitur pun juga baru.

Itulah perbedaan antara model facelift dengan model all new yang telah Kompas.com rangkum. Jadi, jangan salah lagi ya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X