Catat, Ini Tips Aman Naik Motor bagi Wanita

Kompas.com - 13/10/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara AMYIlustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak dimungkiri bahwa sepeda motor menjadi kendaraan yang paling populer saat ini.

Kendaraan roda dua ini tidak hanya digunakan oleh kalangan pria, tetapi banyak wanita yang menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari.

Terlebih lagi, dengan semakin banyaknya sepeda motor bertransmisi otomatis atau skuter matik yang makin memudahkan wanita saat mengendarai sepeda motor.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, tidak sedikit pengendara wanita yang kemudian melupakan cara aman berkendara di jalan raya.

Perilaku ini tentunya bisa menimbulkan bahaya jika tidak disadari oleh pengendara dan segera melakukan antisipasi.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI), mengatakan, ada beberapa tips aman yang bisa dilakukan oleh wanita saat naik motor.

Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.dok.Kompasiana Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.

Pertama, yakni menggunakan perangkat keamanan sesuai dengan standar untuk berkendara sepeda motor.

“Berkendara aman bagi wanita yang pertama adalah menggunakan full gear yang aman dan juga khusus riding,” kata Sony kepada Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Tips aman yang kedua, masih kata Sony, adalah wajib mematuhi setiap aturan lalu lintas yang berlaku.

Hal ini karena aturan lalu lintas tidak memandang gender dan berlaku bagi setiap pengendara kendaraan, baik pria maupun wanita.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Alur Urus STNK Hilang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X