Aturan Baku Beli Helm, Sesuaikan Bentuk dan Ukuran Kepala

Kompas.com - 12/10/2020, 19:41 WIB
Promo Helm Full Face di IMOS 2018 KOMPAS.com / Aditya MaulanaPromo Helm Full Face di IMOS 2018
|

JAKARTA, KOMPAS.comHelm merupakan salah satu perlengkapan yang wajib digunakan saat berkendara. Dalam memilih helm incaran, pastikan ukurannya sesuai dengan ukuran atau bentuk kepala.

Pasalnya masih banyak di antara para biker yang memilih helm karena tertarik dengan motif atau bentuknya, padahal ukurannya enggak sesuai.

Ahmad M dari Komunitas Belajar Helm, mengatakan, menggunakan helm dengan ukuran yang tidak sesuai dapat membuat kepala nyeri atau pusing selama perjalanan.

Baca juga: Hasil MotoGP Perancis 2020, Petrucci Juara, Marquez Menggila

Blusnap Helmet cocok jadi aksesoris para biker yang menggunakan helm full face untuk berkendara harian.KOMPAS.com/Dio Blusnap Helmet cocok jadi aksesoris para biker yang menggunakan helm full face untuk berkendara harian.

“Pakai helm motor kekecilan atau kebesaran ini pastinya bikin enggak nyaman dipakai atau tidak safety,” ujar Ahmad, kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurutnya, jika helm yang dipakai terlalu besar maka bobot helm hanya akan bertumpu pada bagian atas kepala. Kondisi ini amat berbahaya dan bisa terlepas saat terjadi kecelakaan atau benturan.

Sementara jika helm yang dipakai terlalu kecil, maka bagian atas kepala, dahi, dan pipi akan terasa tertekan. Rasa sakit juga bisa dirasakan meski hanya digunakan sebentar.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Quartararo Masih Teratas Ditemani Joan Mir

Masih ada helm full face yang memiliki harga terjangkau di bawah Rp 500 ribu.KOMPAS.com/Gilang Masih ada helm full face yang memiliki harga terjangkau di bawah Rp 500 ribu.

“Kalau helm terlalu besar bakal goyang saat dipakai, kekecilan atau kebesaran tentu dapat mengganggu konsentrasi berkendara,” ucap Ahmad.

Oleh sebab itu, sebelum memilih helm incaran, pastikan melakukan fitting. Hal ini dilakukan agar mendapat helm dengan ukuran yang sesuai.

“Biasanya beberapa merek memiliki size chart yang bisa disesuaikan dengan ukuran kita. Tapi akan lebih baik jika helm dicoba terlebih dulu, karena ukuran dan bentuk kepala tiap orang berbeda,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X