3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Lama Tak Dipakai

Kompas.com - 11/10/2020, 10:02 WIB
Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta. KOMPAS.COM/Ari PurnomoKondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 ataupun penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berpengaruh terhadap intensitas dalam penggunaan kendaraan roda empat.

Adanya pembatasan aktivitas di luar rumah tersebut membuat penggunaan mobil akan berkurang dibandingkan dengan sebelumnya.

Mobil lebih banyak berada di garasi atau terparkir di halaman rumah karena tidak digunakan dalam beraktivitas seperti biasanya.

Meski tidak digunakan sehari-hari, tetapi perawatan terhadap kendaraan juga harus tetap dilakukan.

Baca juga: Blokir STNK Tak Perlu ke Samsat, Begini Caranya

Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan komponen dan lainnya.

Sigit Wahyu Anggoro, Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia, mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik mobil selama kendaraan tidak dipakai.

“Ada tiga hal yang perlu diperhatikan kondisinya agar mobil tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (10/10/2020).

Tiga hal tersebut di antaranya

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

1. Kondisi aki

Sigit menyampaikan penting bagi pemilik mobil untuk memperhatikan kondisi accu. Jangan sampai saat mobil tidak dipakai kemudian dibiarkan begitu saja hingga akumulator mengalami kerusakan atau tekor.

Baca juga: Kendaraan yang Sudah Dijual Sebaiknya Langsung Blokir STNK, Ini Alasannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X