Rumors Harga Suzuki Jimny dari India Bakal Lebih Murah

Kompas.com - 06/10/2020, 07:42 WIB
Suzuki Jimny KOMPAS.com / StanlySuzuki Jimny

JAKARTA, KOMPAS.comMaruti Suzuki dikabarkan bakal menjadi basis produksi Jimny, menemani Suzuki Motor yang saat ini kewalahan memenuhi permintaan pasar global.

Suzuki di India rencananya akan memproduksi Jimny tiga pintu untuk diekspor ke negara lain dan varian lima pintu untuk kebutuhan dalam negeri.

Dilansir dari Times Now News, Managing Director Maruti Suzuki Kenichi Ayukawa mengatakan, pihaknya tengah mencari model lokal yang bisa berbicara banyak untuk pasar ekspor.

Baca juga: Toyota Innova Terbaru Meluncur Bulan Ini, Mau Pesan? Siapkan Rp 5 Juta

Versi kendaraan komersial dari Suzuki Jimny di Inggris.suzuki.co.uk Versi kendaraan komersial dari Suzuki Jimny di Inggris.

Merakit Jimny secara lokal akhirnya dipilih Maruti Suzuki untuk bisa meningkatkan kemampuan ekspor, dari pangsa pasar 7 persen menjadi 20 persen.

Sementara itu menurut laporan Gaadiwaadi, Jimny bakal ditempatkan sebagai penerus Maruti Suzuki Gypsy 4x4 yang banyak dipakai di India.

Oleh sebab itu, Jimny diprediksi akan menempati segmen SUV ukuran sedang yang memiliki harga sekitar 9,5 lakh sampai 12,5 lakh atau setara Rp 191 jutaan sampai Rp 251 jutaan.

Baca juga: Mengapa Ada Bus yang Sengaja Punya Jarak Kursi Sempit?

Ilustrasi Suzuki Jimny Long Wheelbase dengan 5 pintuIstimewa Ilustrasi Suzuki Jimny Long Wheelbase dengan 5 pintu

Artinya jika nanti diekspor ke Indonesia, dengan asumsi biaya kirim dan pajak mobil CBU dari India yang tidak terlalu besar, harga Jimny bisa ditekan di rentang Rp 200 jutaan hingga Rp 300 jutaan.

Jauh lebih murah ketimbang harga jual Jimny yang saat ini dikeluarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dari Rp 382,5 juta (tipe MT Single Tone) hingga Rp 398 juta (tipe AT Two Tone).

Terkait informasi tersebut, sebelumnya Marketing Director 4W PT SIS Donny Saputra, mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan kabar diproduksinya Jimny oleh Suzuki India.

“Selama informasi bukan informasi resmi dari Suzuki Motor Corporation Jepang, kami akan sulit mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut,” ujar Donny, dalam konferensi virtual (30/9/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.