Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Harga Suzuki Jimny dari India Bakal Lebih Murah

Kompas.com - 06/10/2020, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMaruti Suzuki dikabarkan bakal menjadi basis produksi Jimny, menemani Suzuki Motor yang saat ini kewalahan memenuhi permintaan pasar global.

Suzuki di India rencananya akan memproduksi Jimny tiga pintu untuk diekspor ke negara lain dan varian lima pintu untuk kebutuhan dalam negeri.

Dilansir dari Times Now News, Managing Director Maruti Suzuki Kenichi Ayukawa mengatakan, pihaknya tengah mencari model lokal yang bisa berbicara banyak untuk pasar ekspor.

Baca juga: Toyota Innova Terbaru Meluncur Bulan Ini, Mau Pesan? Siapkan Rp 5 Juta

Versi kendaraan komersial dari Suzuki Jimny di Inggris.suzuki.co.uk Versi kendaraan komersial dari Suzuki Jimny di Inggris.

Merakit Jimny secara lokal akhirnya dipilih Maruti Suzuki untuk bisa meningkatkan kemampuan ekspor, dari pangsa pasar 7 persen menjadi 20 persen.

Sementara itu menurut laporan Gaadiwaadi, Jimny bakal ditempatkan sebagai penerus Maruti Suzuki Gypsy 4x4 yang banyak dipakai di India.

Oleh sebab itu, Jimny diprediksi akan menempati segmen SUV ukuran sedang yang memiliki harga sekitar 9,5 lakh sampai 12,5 lakh atau setara Rp 191 jutaan sampai Rp 251 jutaan.

Baca juga: Mengapa Ada Bus yang Sengaja Punya Jarak Kursi Sempit?

Ilustrasi Suzuki Jimny Long Wheelbase dengan 5 pintuIstimewa Ilustrasi Suzuki Jimny Long Wheelbase dengan 5 pintu

Artinya jika nanti diekspor ke Indonesia, dengan asumsi biaya kirim dan pajak mobil CBU dari India yang tidak terlalu besar, harga Jimny bisa ditekan di rentang Rp 200 jutaan hingga Rp 300 jutaan.

Jauh lebih murah ketimbang harga jual Jimny yang saat ini dikeluarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dari Rp 382,5 juta (tipe MT Single Tone) hingga Rp 398 juta (tipe AT Two Tone).

Terkait informasi tersebut, sebelumnya Marketing Director 4W PT SIS Donny Saputra, mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan kabar diproduksinya Jimny oleh Suzuki India.

“Selama informasi bukan informasi resmi dari Suzuki Motor Corporation Jepang, kami akan sulit mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut,” ujar Donny, dalam konferensi virtual (30/9/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com