Bisakah Bus Pintu Tengah Dibuat Jadi Berpintu Belakang?

Kompas.com - 05/10/2020, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa sasis bus seperti Mercedes Benz OH 1836 dan Scania K360iB sampai sasis tronton memiliki keunikan yaitu akses penumpangnya yang ada di bagian tengah, bukan belakang.

Namun beberapa karoseri ada yang membuat bodi dengan sasis Mercy OH 1836 maupun Scania K360iB menggunakan pintu belakang. Karoseri yang membuat bodi tersebut yaitu New Armada dan Laksana.

Development Design karoseri New Armada, Deddy Hermawan mengatakan, bodi dengan pintu yang seharusnya di tengah kemudian minta di belakang, memang berdasarkan dari keinginan kostumer.

Baca juga: Menu Sedan Bekas Rp 50 Jutaan, Bisa Dapat Almera, Mercy, sampai BMW

 

“Sasis 1836 memang masih ada sedikit ruang di belakang meski mepet, tapi lebih baik memang pakai pintu tengah,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Senin (5/10/2020).

Karena keinginan kostumer yang tetap ingin posisi pintunya di belakang, terpaksa step tangga ada modifikasi untuk area compressed air system. Modifikasi ini membuat tangga masuk ke kabin bus jadi lebih sempit.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, bus yang dipaksa memakai pintu belakang memang membuat jalan masuk ke kabinnya jadi lebih sempit.

Baca juga: Mengapa Ada Bus yang Sengaja Punya Jarak Kursi Sempit?

“Pertama yang dimodifikasi yaitu pintunya, lebarnya jadi lebih kecil. Kemudian harus buat rangka tambahan juga,” ucap Werry kepada Kompas.com.

Dengan adanya pintu belakang ini, memang membuat bagasi jadi lebih lega. Namun hal ini mengorbankan lebarnya pintu masuk. Namun kadang permintaan kostumer harus dipenuhi oleh karoseri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.