Balai Lelang Mobil Mulai Kena Dampak Wacana Pajak Nol Persen

Kompas.com - 04/10/2020, 07:41 WIB
mobil baru di tokyo motor show 2019 KOMPAS.com / Stanlymobil baru di tokyo motor show 2019
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pajak nol persen untuk mobil baru yang digulirkan Menteri Perindustrian ( Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, sampai saat ini belum juga ada kepastiannya.

Padahal, munculnya rencana tersebut sudah mulai berpengaruh terhadap pasar mobil, tidak hanya mobil bekas tetapi juga baru.

Tidak sedikit calon pembeli yang memilih menunda membeli kendaraan roda empat lantaran menunggu realisasi pajak nol persen tersebut.

Pasalnya, jika kebijakan tersebut benar akan diterapkan harga mobil baru jelas akan sangat murah bahkan bisa seharga mobil bekas.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan di Balai Lelang, Bisa Dapat Ayla

Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi Daddy Doxa Manurung mengatakan, wacana pajak nol persen ini sudah berpengaruh terhadap penjualan mobil bekas di balai lelang.

Ilustrasi tukar tambah mobil baruSIS Ilustrasi tukar tambah mobil baru

“Buyer kami memang kebanyakan adalah pemilik showroom, jadi ada pembeli yang memilih menunggu pajak nol persen untuk mobil baru,” ujar Daddy kepada Kompas.com, Sabtu (3/10/2020).

Daddy menambahkan, adanya penundaan pembelian mobil bekas tersebut juga berdampak pada peserta lelang yang diselenggarakan oleh Ibid-Balai Lelang Serasi.

“Penurunan ada tapi tidak terlalu signifikan paling sekitar 5 persen saja, karena ada noise-noise yang pilih menunggu pajak nol persen mobil baru,” ucapnya.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 60 Jutaan di Balai Lelang, Mulai Avanza sampai Civic

Daddy pun berharap, jika memang ada kebijakan tersebut agar segera diterapkan saja dan jangan digantung seperti ini.

Pasalnya, jika memang belum ada kepastian sementara wacana sudah disampaikan beberapa waktu lalu jelas sangat berpengaruh terhadap pasar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X