Wacana Pajak Mobil Baru Nol Persen, Diler Tunggu Kepastian

Kompas.com - 25/09/2020, 15:40 WIB
Ilustrasi jual beli mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi jual beli mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menanggapi usul Menteri Perindustrian terkait relaksasi pajak mobil baru sebesar nol persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya masih mengkaji ide tersebut.

Menurut Sri Mulyani, pertimbangan terhadap usulan tersebut didasarkan pada banyaknya stimulus yang telah digelontorkan pemerintah tahun ini.

“Soal pembebasan pajak mobil baru, tiap ada ide akan dikaji secara mendalam,” ujarnya dalam paparan APBN KiTa, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Jika Pajak Mobil Baru Nol Persen, Fortuner, Pajero Sport, dan CR-V Cuma Rp 200 Jutaan

Booth Daihatsu di POMA 2014Astra Daihatsu Motor Booth Daihatsu di POMA 2014

“Seperti disampaikan, insentif perpajakan sudah sangat banyak di PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), namun akan terus dilihat apa yang dibutuhkan untuk menstimulasi ekonomi kita membaik,” kata Sri Mulyani.

Menanggapi kebijakan soal relaksasi pajak mobil baru, Division Head Marketing & Customer Relation Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana pemerintah tersebut.

“Pastinya kebijakan tersebut akan berdampak positif bagi penjualan otomotif di periode sisa tahun 2020 ini nantinya,” ujar Hendrayadi, kepada Kompas.com (25/9/2020).

Baca juga: Rencana Pajak Mobil Baru Nol Persen, Harga Avanza dkk Jadi Rp 100 Jutaan

Auto2000 Glodok PlazaKOMPAS.com/Ruly Auto2000 Glodok Plaza

Namun seberapa besar dampak tersebut, Hendrayadi mengatakan masih menunggu bagaimana bentuk riilnya kebijakan tersebut.

Termasuk apa saja jenis pajak yang kena relaksasi, berapa besarnya relaksasi tersebut, kapan implementasinya, dan akan diimplementasikan di semua atau sebagian segmen saja.

“Setelah kami mengetahui detil riil kebijakan tersebut, baru kami selanjutnya kami akan bisa menghitung seberapa besar dampaknya terhadap penjualan otomotif, khususnya di merek Daihatsu,” katanya.

Baca juga: Wacana Relaksasi Pajak Mobil Baru, Harga Honda Jazz Jadi Setara Mobil Murah

Saat ini diler Auto2000 menawarkan program penjualan menarik bagi tenaga medis yang berjuang mencegah penyebaran virus corona.Auto2000 Saat ini diler Auto2000 menawarkan program penjualan menarik bagi tenaga medis yang berjuang mencegah penyebaran virus corona.

Senada dengan yang diucapkan Hendrayadi, CSD & Marcomm Department Head Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani, mengatakan, pihaknya bakal mengikuti apapun yang diputuskan pemerintah.

Namun yang terpenting untuk saat ini menurutnya adalah kepastian dari pemerintah, terutama soal kepastian aturan dan kebijakan yang ingin diterapkan.

“Kita semua tahu bisnis industri otomotif menjadi salah satu yang terdampak. Adanya sebuah kepastian adalah hal yang akan membantu kami selaku pelaku bisnis,” ucap Tantri, pada kesempatan yang sama.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X