Mengenal TVS XL100 Bebek Angkut Heavy Duty, Cuma Rp 10 Jutaan

Kompas.com - 25/09/2020, 13:55 WIB
TVS XL100 Heavy Duty TVS XL100 Heavy Duty
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Jepang dan Taiwan motor bebek alias moped adalah motor pekerja. Motor jenis ini sering dijadikan armada angkut barang ringan untuk restoran atau kiriman paket.

Di India rupanya tidak beda jauh. TVS yang merupakan merek asal India punya model moped yang tangguh buat panggul barang, yaitu TVS XL100 Heavy Duty. Motor ini dibuat ringkas dan mampu membawa beban banyak.

Desainnya minimalis bahkan mirip-mirip seperti sepeda motor listrik. Tapi di situ letak keunggulan motor ini. Suspensi depannya tipe long fork ala motor batangan. Sasisnya berbentuk ''U'' yang berbeda dengan bebek kebanyakan.

Baca juga: Jika Pajak Mobil Baru Nol Persen, Harga MPV Pintu Geser Jadi Lebih Murah


Sasis ini membuat bagian tengah punya tempat lowong. Hal itu bisa digunakan untuk menaruh barang atau pijakan kaki meski juga tersedia footstep sendiri di sampingnya.

Berbeda dengan motor bebek yang tangki bensinnya terletak di bawah jok maka tangki bensin TVS XL100 ada di bagian depan. Hal itu sekali lagi untuk mempermudah pengendara ketika isi bensin kalau ada barang bawaan di jok.

Setangnya tinggi seperti motor batangan zaman dulu. Tempat duduk alias jok model terpisah. Dimensi jok belakang lebih panjang dari jok depan. Jika ingin membawa barang busa jok belakang tinggal dilepas dan tersedia batang untuk tempat mengikat.

TVS XL100 Heavy Duty TVS XL100 Heavy Duty

Footstep belakang model tapal kuda dan berada di sambungan swingarm dan suspensi belakang. Shockbreaker belakangnya pun model dua batang untuk membawa beban berat.

TVS mengklaim dengan bobot kosong 89 kg, motor ini punya payload atau daya angkut 130 kg.

Baca juga: PSBB Diperpanjang, Mobil Parkir Lama Apa Perlu Cabut Aki?

TVS XL100 Heavy Duty menggunakan mesin 99.7cc, 4-tak, silinder tunggal dengan bore x stroke 51.0 mm X 48.8 mm. Mampu menghasilkan 4.4 PS pada 6.000 rpm dan torsi 6.5 Nm pada 3500 rpm.

TVS XL100 Heavy Duty TVS XL100 Heavy Duty

Menariknya meski masuk moped tapi giginya cuma satu alias single speed gearbox dengan penerus daya pakai rantai. Jadi aplikasinya mirip seperti skutik tinggal putas gas motor langsung jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X