Mitos atau Fakta, Jas Hujan Model Ponco Bikin Celaka?

Kompas.com - 23/09/2020, 17:21 WIB
Jas hujan ponco Foto: GridOto.comJas hujan ponco
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki musim hujan pengendara sepeda motor harus menyiapkan sejumlah perlengkapan untuk menunjang aktivitas berkendara. Termasuk dalam pemilihan jas hujan yang aman dipakai riding.

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), mengingatkan, pilihlah jas hujan two piece (baju dan celana), bukan ponco atau semacamnya.

Menurutnya, jas hujan model ponco bisa menyebabkan celaka dan membuat penggunanya kesulitan mengendarai motor.

Baca juga: Lelang Skutik Tahun Muda, Yamaha Mio M3 Mulai Rp 4 Jutaan

Ilustrasi jas hujanIstimewa Ilustrasi jas hujan

Jas hujan yang ideal sebaiknya tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala, sehingga seluru tubuh ketika bersepeda motor,” ucap Edo, kepada Kompas.com belum lama ini.

Edo mengatakan, jas hujan model ponco sebetulnya dirancang untuk pejalan kaki, bukan pengendara motor.

Jas hujan ponco tidak tertutup semua dan rentan terkena terpaan angin. Membuat pengguna jas hujan model ini berisiko lebih tinggi mengalami kecelakaan, terutama saat digunakan riding.

Baca juga: Marc Marquez Masih Absen di MotoGP Catalunya

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

“Sudah banyak kejadian pengendara yang terjatuh akibat jas hujan ponconya tersangkut di gir atau kendaraan lain,” ujar Edo.

“Model yang jadi pilihan tentu saja jas hujan yang terdiri atas bagian celana dan jaket, bukan ponco,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X