Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Mau Revisi Target, tetapi Tunggu Insentif Pemerintah

Kompas.com - 23/09/2020, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Prediksi penjualan mobil kembali tumbuh di semeter dua 2020, seperti bertepuk sebelah tangan. Berdasarakan data, walau ada kenaikan tapi jumlahnya masih jauh dari harapan, apalagi dengan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih merajarela.

Kondisi ini pun membuat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berencana kembali melakukan revisi target 600.000 unit yang sebelumnya sudah ditetapkan imbas Corona.

Lalu berapa target baru yang bakal ditetapkan nantinya?

Ketika menanyakan hal ini, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan, asosiasi masih melihat lebih dulu pencapaian di bulan-bulan berikutnya.

Baca juga: Penjualan Mobil Grup Astra Mulai Merangkak Naik

"Soal itu (revisi target), kita masih tunggu dari angka-angkanya dulu di bulan September ini sampai Oktober bagaimana, jadi memang belum," kata Jongkie kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Tak hanya itu, Jongkie juga menjelaskan Gaikindo masih menanti kepastian soal keputusan pemerintah yang akan memberikan beberapa insentif guna merangsang daya beli masyarakat.

Diharapkan, dengan keputusan yang bisa segera direalisasi, maka ada kemungkinan pasar mobil terdongkrak. Apalagi dari segi rencana, relaksasi yang diberikan memang berdampak pada harga jual mobil baru yang semakin murah akibat pemangkasan pajak.

"Kita tunggu di bulan ini dan Oktober, sekaligus juga stimulus dari Pemerintah Pusat maupun daerah," ucap Jongkie.

Seperti diketahui, sebelumnya Staf Khusus Gaikindo Stefanus Soetomo menjelaskan, meski ada peningkatan pencapaian penjualan pada Agustus, tapi jumlahnya dianggap masih jauh dari harapan dan prediksi.

Baca juga: Nasib Mobil Bekas di Tengah Rencana Stimulus Mobil Baru

Suasana booth Toyota di IIMS 2017.TAM Suasana booth Toyota di IIMS 2017.

Karena itu, mengingat kondisi wabah yang masih mengancam serta waktu yang terus berjalan, besar kemungkinan target 600.000 unit akan kembali diubah.

"Dengan Agustus penjualan yang masih jauh, kemungkinan besar akan ada revisi. Hanya kapannya itu, kita harus bekerja dengan asumsi-asumsi yang ada dulu, mana asumsi yang mau dipakai, itu yang belum kita tentukan tepatnya kapan," ucap Stefanus beberapa hari lalu dalam webinar Kompas Talk bersama Toyota Astra Motor (TAM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com