Sebelum Kejadian, Ingat Bahaya Laten Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 23/09/2020, 10:42 WIB
Sebuah mobil bernomor plat B 2359 PFB ringsek tertimpa pohon tumbang di Jalan Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (21/9/2020) sekitar pukul 22.00 WIB. Dok. TMC Polda Metro JayaSebuah mobil bernomor plat B 2359 PFB ringsek tertimpa pohon tumbang di Jalan Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (21/9/2020) sekitar pukul 22.00 WIB.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil di musim hujan tentunya akan berbeda jauh dengan kondisi normal. Mulai dari visibilitas yang menurun, jalan yang menjadi licin, sampai tingkat risiko yang lebih tinggi.

Alasan itu, wajib bagi pengendara untuk meningkatkan konsentrasi, termasuk soal kewaspadaan. Apalagi di musim hujan bahaya tak hanya datang dari depan, samping, dan belakang saja, tapi juga dari atas dan bawah.

Contoh kasus seperti kejadian pohon tumbang di Jalan Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat, yang menimpa Daihatsu Xenia berkelir putih. Seketika, MPV murah tersebut langsung ringsek dalam kondisi yang mengenaskan.

Baca juga: Pahami Penyebab Lampu Mobil Berembun di Musim Hujan

Jusri Pulubuhu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan insiden itu bisa dijadikan contoh bagi pengguna mobil atau sepeda motor akan pentingnya soal konsentrasi dan mengerti apa yang dilihat.

Satu unit mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Rumah Sakit, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018).KOMPAS.com/BUDIYANTO Satu unit mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Rumah Sakit, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018).

"Itu menjadi bukti bila bahaya tak hanya datang dari depan, menyepelakan kondisi bisa berdampak fatal akibatnya. Kejadian itu juga pelajaran bila melihat dan mendengar saja tak selalu liner dengan mengerti, karena meskipun sudah melihat tapi belum tentu mengerti apa bahayanya," ucap Jusri kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Lebih lanjut Jusri menjelaskan dalam konteks mengerti apa yang dilihat, sesorang pasti akan mulai melakukan persiapan sebagai sikap kewaspadaan atau mengantisipasi adanya hal-hal yang tak terduga. Tidak hanya sekadar terus berjalan saja.

Tekait masalah berkendara di musim hujan dan kejadian mobil yang tertimpa pohon, Jusri menjelaskan bila insiden tersebut sudah sering terjadi. Artinya, bahaya yang datang dari arah lain wajib diantisipasi pengendara saat musim hujan.

Baca juga: Jakarta Mulai Banjir, Ingat Batas Aman Mobil Lewati Genangan Air

"Bisa jadi pengendara melihat memang ada pohon yang rindang, tapi mereka hanya lihat saja tanpa berfikir jauh risikonya ketika melewati, apalagi musim hujan di sertai angin yang kencang. Ini pelajaran untuk ita bersikap waspada," kata Jusri.

Ilustrasi motor matik di genangan airmotroad.com Ilustrasi motor matik di genangan air

Bukan hanya pohon, beberapa objek lain juga bisa wajib diwaspadai, seperti baliho yang roboh dan lain sebagainya. Sementara untuk bahaya dari bawah, mengingat banyak genangan air juga tidak boleh main asal terabas saja.

Apalagi di daerah-daerah yang sedang banyak proyek infrastruktur, bisa jadi ada lubang yang dalam tertutup genangan air. Akan fatal akibatnya bila dilintasi, terlebih untuk pengendara motor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X