Musim Hujan, Jangan Kecele Beli Mobil Bekas Banjir

Kompas.com - 23/09/2020, 11:42 WIB
Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016). KOMPAS.com/Nibras Nada NailufarMobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi konsumen yang ingin membeli kendaraan impian dengan dana terbatas, mobil bekas bisa jadi salah satu jalan keluar. Selain dari segi harga yang kompetitif, konsumen dapat menggunakan mobil dengan cepat tanpa harus menunggu surat-surat kendaraan.

Namun, kondisi mobil kerap dipertanyakan. Terlebih di daerah yang kerap dilanda banjir, terlebih saat ini mulai musim hujan di Ibu Kota dan sekitarnya.

OtoSpector, platform yang menyediakan layanan pemeriksaan mobil bekas, memiliki beberapa poin yang harus diperhatikan guna mengetahui apakah mobil tersebut merupakan bekas banjir atau tidak. Poin pertama, bisa diperiksa apakah kabin tercium bau tidak sedap.

Baca juga: Modifikasi Motor Melebihi Dimensi Standar, Bisa Bikin Tidak Seimbang

“Tanda pertama itu pasti ada bau apek. Ini karena ada lapisan di bagian bawah mobil yang basah dan tidak sepenuhnya kering. Atau bisa juga ada bekas lumpur di sela-sela karpet atau speaker pada pintu mobil,” ujar CEO OtoSpector Jeffrey Andika saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/9/2020)

Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.Mivecblog.com Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.

Poin kedua, adalah jika usia mobil masih relatif muda, tidak ada modifikasi, atau penggantian pada interior, tapi ada kejanggalan. Salah satu petunjuknya, adalah jok dan karpet sudah terlihat bekas dibongkar, maka patut dicek lebih lanjut.

Baca juga: Bagasi Bus Suites Class Lebih Kecil Dibanding Bus Biasa

“Tanyakan ke pemilik kenapa jok dicopot, karena penanganan mobil kebanjiran pada umumnya pasti akan copot jok mobil,” kata Jeffrey.

Kemudian poin ketiga, adakah korosi atau karat menyeluruh pada bagian kabin kendaraan. Ini juga berlaku pada soket-soket elektrik yang biasanya menyebabkan kerusakan saat digunakan.

Selain banjir, pemerikasaan lain untuk melihat mobil apakah bekas tabrakan, dan mobil pernah dimodifikasi. Hasil pemeriksaan ini bisa digunakan untuk membeli mobil bekas atau menjadi referensi negosias harga.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X