Perbedaan Ketinggian Jalan Bisa Sebabkan Pemotor Kecelakaan

Kompas.com - 22/09/2020, 11:42 WIB
Perbedaan ketinggian jalan membuat pengendara motor kehilangan kendali @lintas_patroliPerbedaan ketinggian jalan membuat pengendara motor kehilangan kendali

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, sebuah video viral di media sosial tentang kecelakaan tunggal sepeda motor di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Pengendara motor tersebut terjatuh karena kehilangan kendali.

Terlihat pada video tersebut, permukaan jalan memiliki perbedaan ketinggian. Sehingga, motor yang dikendarai korban hilang kendali dan terjatuh beberapa meter kemudian.

Baca juga: Catat, Kecelakaan di Jalan Raya Bukanlah Tontonan!

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, mengatakan, dalam video terlihat keterampilan berkendara si pengendara masih kurang dan tidak berhati-hati saat berkendara. Sebab, hanya dia sendiri yang mengalami kejadian tersebut.

"Maka itu, apabila kita sedang berkendara, pastikan untuk selalu berhati-hati dengan menjaga kecepatan yang sesuai dengan aturan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu maksimal 60 kilometer per jam saat berjalan di dalam kota," ujar Agus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Untuk teknik berkendaranya, Agus menambahkan, pastikan pandangan mata selalu melihat jauh ke depan. Agar dapat segera mengambil tindakan apabila ada hal-hal yang membahayakan saat berkendara.

Baca juga: Jurus Terhindar dari Kecelakaan di Jalan, Banyak yang Belum Paham

"Misalnya, kasus seperti ini, si pengendara harusnya melihat motor yang lain, yaitu terlihat adanya perbedaan jalan. Sehingga, harusnya dia mengurangi kecepatan bukan malah menambah kecepatan," kata Agus.

Menurut Agus, pengendara itu tidak siap dengan adanya perubahan ketinggian jalan dengan kecepatan motor juga cukup tinggi. Sehingga terjadi kepanikan yang sulit untuk mengendalikan sepeda motornya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X