Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Mobil Terbakar Setelah Terlibat Kecelakaan

Kompas.com - 10/09/2020, 06:41 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian mobil terbakar setelah terlibat kecelakaan parah, sering terjadi. Sebagai contoh di ruas tol Solo - Semarang jalur B lajur I, pada Selasa (8/9/2020) malam.

Mobil Mercedes Benz yang terlibat kecelakaan hangus terbakar setelah sebelumnya terguling karena oleng usai ditabrak mobil CRV dari belakang.

Kecelakaan tersebut, tidak hanya membuat mobil ludes terbakar tetapi juga merenggut dua korban jiwa.

Terjadinya kebakaran pada mobil yang terlibat kecelakaan memang tidak bisa diprediksi dan juga dihindari.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada mobil, salah satunya yang paling sering adalah adanya kebocoran pada saluran bahan bakar.

Seorang petugas saat menangani sebuah kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas beruntun di Jalan Tol Solo-Semarang tepatnya jalur A Kilometer 485 Desa Mojolegi Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (8/9/2020). Seorang petugas saat menangani sebuah kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas beruntun di Jalan Tol Solo-Semarang tepatnya jalur A Kilometer 485 Desa Mojolegi Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (8/9/2020).

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, kebakaran yang setelah saat kecelakaan seperti yang terjadi di tol Solo- Semarang kemungkinan besar ada bensin yang tumpah.

“Saat mobil terguling ada percikan api yang timbul akibat gesekan besi dan aspal atau beton kemudian ada bensin yang tumpah atau bocor sehingga mengakibatkan terbakar,” ujar Bambang kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Kalau hanya penyok, Bambang melanjutkan, dan tidak ada kebocoran tangki atau saluran bahan bakar kecil kemungkinan mobil bisa terbakar.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

“Kalau hanya penyok atau benturannya tidak sampai mengakibatkan bahan bakar bocor kecil kemungkinan terbakar. Kebocoran bisa saja dari tangki, saluran bahan bakar sampai mesin,” katanya.

Bambang menambahkan, kejadian ini seperti yang pernah terjadi pada kasus tabrakan di tol Cipularang.

Ilustrasi mobil terbakarhowkenya.com Ilustrasi mobil terbakar

Kebakaran yang disebabkan karena adanya saluran bensin yang bocor sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran.

Bambang juga mengatakan, selama ini pabrikan sudah menyiapkan antisipasi yang begitu aman untuk menghindari terjadinya kebakaran.

Baca juga: SIM Bisa Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan, Ini Syaratnya

Bahkan, saat terjadi kendala pada pompa bensin akan dimatikan sehingga bahan bakar tidak terus keluar.

“Sebenarnya itu komponen sudah dilindungi ekstra, termasuk kalau mesin mati tiba-tiba maka pompa bensin akan dimatikan. Sehingga tidak terus keluar namun memang skala kerusakan yang bervariasi sehingga susah untuk diprediksi,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com