Begini Cara agar Tak Kecewa Saat Membeli Kendaraan di Balai Lelang

Kompas.com - 22/09/2020, 11:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga mobil dan sepeda motor di balai lelang kerap lebih murah ketimbang di pasar kendaraan bekas. Hal ini jadi keuntungan tersendiri buat konsumen yang mengincar kendaraan bekas berharga murah.

Namun jangan sampai rencana Anda memboyong kendaraan dari balai lelang berujung kecewa. Anda harus memahami seluk beluk lelang agar mendapat harga murah dengan kondisi yang baik.

Operation Head Balai Lelang Auksi Bady Qadarsyah, mengatakan, pertama-tama konsumen harus mengetahui dulu harga pasaran kendaraan yang diincar. Jangan sampai menawar lebih tinggi, hingga melebihi harga pasarannya.

Baca juga: Makin Tegas, Selain Potong Truk ODOL Kemenhub Bakal Pidanakan Pelaku

Ilustrasi lelang motor bekashttps://www.motorplus-online.com/ Ilustrasi lelang motor bekas

“Karena di balai lelang, peserta sering kali nafsu untuk menaikkan harga. Jadi harganya bisa lebih mahal daripada harga pasaran,” ujar Bady, dalam konferensi virtual beberapa waktu lalu.

Kemudian, calon pembeli harus mencari segala informasi soal kendaraan yang diincar. Misal soal bengkel perbaikannya, harga spare part, hingga harga pasaran saat itu.

Hal ini dilakukan agar Anda sudah mendapat bayangan berapa besar biaya perbaikan sampai bengkel yang bisa menangani, setelah mendapatkan unit yang diincar.

Baca juga: Siksa Nissan Kicks e-Power di Jalur Menantang Ciletuh

Lelang mobil AuksiFoto: Istimewa Lelang mobil Auksi

“Pembeli juga disarankan untuk lebih teliti saat mengecek kendaraan yang nantinya akan dibeli. Disarankan jangan datang sendiri, kalau bisa ajak rekan yang mengerti dengan kendaraan,” ujar Bady.

Bady juga mengatakan, saat memilih kendaraan di balai lelang, konsumen jangan fokus pada satu kendaraan saja.

“Pilih dan lakukan pengecekan kepada beberapa unit kendaraan, jangan fokus pada satu unit saja, agar nantinya masih ada pilihan lain jika gagal mendapat pilihan yang pertama,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.