Siksa Nissan Kicks e-Power di Jalur Menantang Ciletuh

Kompas.com - 21/09/2020, 08:02 WIB
Test drive Nissan Kicks e-Power ke Ciletuh KOMPAS.COM/STANLY RAVELTest drive Nissan Kicks e-Power ke Ciletuh
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai janji, setelah melakukan pengetesan perdana di Sirkuit Bridgestone beberapa waktu lalu, tim Kompas.com akhirnya melakukan perjalanan singkat untuk lebih akrab lagi menguji mobil hybrid termurah di Indonesia, Nissan Kicks e-Power.

Pengetesan kali ini tak hanya mengulik sisi performa saja, tapi juga mengenai sensasi berkendara ke luar kota, merasakan handling, teknologi, dan yang tak kalah penting soal konsumsi bahan bakar dari compact SUV yang dibanderol Rp 449 juta tersebut.

Untuk perjalanan sebenarnya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Waktu tempuhnya sekitar empat sampai lima jam, lokasi tepatnya menuju Geopark Ciletuh, Palabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga: Ini Bedanya Kicks e-Power dengan Teknolgi Hybrid Lain

Meski terkesan dekat, tapi jarak tempuh menuju lokasi lumayan panjang. Selain itu, yang menjadi alasan kenapa kami pilih Ciletuh karena rute yang disajikan tergolong sangat menantang, mulai dari tanjakan dan turunan curam, aspal kasar, jalan beton, sampai sajian medan alam yang indah.

Fitur

Sebelum menyinggung soal konsumsi bahan bakar, kami bahas dulu soal fitur, sensasi mengendarai, serta urusan performa tenaganya. Pertama mulai dari merasakan fitur intellligence cruise control (ICC) ketika berkendara di ruas Tol Jagorawi.

Mengoperasikan cruise control cukup mudah lantaran cukup dengan ibu jari melalui tombol fungsi yang sudah tersedia di kemudi. Dengan menggunakan fitur ini, pengendara bisa melepas pedal gas, tak hanya itu saja, kecepatan juga bisa konstan menempel dengan mobil di depan.

Test drive Nissan Kicks e-Power ke CiletuhKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test drive Nissan Kicks e-Power ke Ciletuh

Ketika mobil di depan melakukan perlambatan, otomatis sensor akan bekerja dan membuat Kicks e-Power menyesuaikan laju kendaraan sesuai jarak yang sudah ditentukan, mulai dari 100 sampai 150 meter. Sejatinya fitur ini pun sudah pernah kami nikmati di beberapa mobil mewah dengan nama adaptive cruise control.

Namun Nissan juga membenamkan rangkaian fitur keamanan lain. Contoh seperti intelligent forward collision system (FCW) untuk memberikan peringatan ke pengendara saat mobil di depan berhenti mendadak, serta intelligent emergency braking (IEB) yang membuat sistem mengambil alih menghentikan mobil dalam konsisi yang sudah darurat.

Review Nissan Kicks e-Power. Pembuktian teknologi baru Nissan di jalan kawasan CiletuhKompas.com Review Nissan Kicks e-Power. Pembuktian teknologi baru Nissan di jalan kawasan Ciletuh

Untuk informasi, meski di Indonesia hanya keluar dalam satu varian, tapi Kicks e-Power yang ditawarakan Nissan merupakan versi tertinggi. Karena itu, secara fitur yang disajikan pun sudah sangat lengkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X