Mulai Sering Hujan Jangan Malas Cuci Motor

Kompas.com - 20/09/2020, 16:41 WIB
Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan Kompas/Iwan SetiawanPahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras mulai mengguyur di beberapa lokasi. Untuk sepeda motor yang sering terkena hujan sebaiknya cepat dicuci atau dibilas dengan air bersih.

Air hujan dapat berdampak buruk pada beberapa komponen jika dibiarkan sampai mengering. Beberapa yang bisa terdampak yaitu cat, rantai dan suspensi.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Wajib Cek Kondisi Sabuk Pengaman

Rantai motor berkaratrpmsuper.com Rantai motor berkarat

Rantai mudah berkarat

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, membiarkan air hujan yang tak dibersihkan cepat membuat rantai berkarat.

"Kandungan zat asam pada air hujan dapat membuat rantai motor menjadi berkarat," kata Ade.

Rantai motor yang berkarat menimbulkan suara kasar karena membuat pergerakan rantai jadi terganggu.

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, mengatakan, jika sudah dibersihkan jangan lupa lumasi rantai.

"Yang terbaik pakai cairan khusus rantai karena di dalamnya terdapat zat kimia yang bukan hanya melumasi tetapi juga untuk menahan gesekan agar tidak cepat aus dan tidak mengakibatkan debu serta kotoran menempel berlebihan," katanya.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Wajib Cek Kondisi Sabuk Pengaman

 

Shockbreaker depan motor Shockbreaker depan motor

Suspensi bocor

Kelvin, pemilik bengkel spesialis peredam kejut, Kelvin PJRT di Bandung, Jawa Barat, mengatakan, air hujan yang dibiarkan mengering membuat suspensi kotor dan menjadi tempat debu dan kerikil halus.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X