Ingat, Minyak Kopling Mobil Juga Perlu Diganti Secara Rutin

Kompas.com - 20/09/2020, 07:22 WIB
Sesekali cek reservoir minyak kopling. Jika kosong, artinya terjadi kebocoran. KompasOtomotif-Donny AprilianandaSesekali cek reservoir minyak kopling. Jika kosong, artinya terjadi kebocoran.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan kendaraan roda empat tidak hanya dilakukan saat ada komponen yang bermasalah atau rusak.

Mengganti perangkat yang sudah habis masa pemakaiannya juga perlu dilakukan secara rutin, agar kondisi kendaraan tetap prima dan nyaman saat dikendarai.

Salah satu yang tidak boleh dilupakan untuk diganti secara rutin adalah minyak kopling. Cairan yang bekerja saat pedal kopling diinjak ini ternyata juga mempunyai masa pemakaian yang terbatas.

Sehingga, jika sudah habis masa pemakaiannya pemilik kendaraan juga wajib untuk melakukan penggantian.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Meskipun volume cairan ini masih banyak atau tidak berkurang di dalam tempat penampungan.

Hal ini karena jika masa pemakaian minyak yang sudah terlalu lama juga akan mempengaruhi kinerja dari perangkat kopling saat digunakan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, cairan kopling mempunyai masa pemakaian yang bervariasi.

Injakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling.Otomania-Donny Apriliananda Injakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling.

Ada yang hanya 40.000 kilometer saja, tetapi ada juga yang bisa lebih lama yakni mencapai 80.000 kilometer.

“Ada minyak rem yang penggantiannya sampai 80.000 kilometer tetapi ada juga yang hanya 40.000 kilometer, tergantung dari kualitas minyak kopling itu sendiri,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Jika minyak kopling tidak rutin diganti, Suparna mengatakan, ada beberapa efek yang akan terjadi pada kopling mobil.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Alur Urus STNK Hilang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X