Mesin Mobil Keluaran Terbaru Tak Perlu Dipanaskan, Ini Alasannya

Kompas.com - 19/09/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi mesin mobil overheat SHUTTERSTOCKIlustrasi mesin mobil overheat
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil-mobil keluaran terbaru sudah mengusung teknologi yang lebih canggih dibandingkan keluaran lama.

Semua kinerja dari perangkat yang ada di dalamnya sudah diatur secara detail oleh perangkat electronic control unit (ECU).

Sehingga akan lebih memudahkan pemilik kendaraan untuk memantau kondisi “kesehatan’ kendaraannya.

Tidak hanya itu, kendaraan roda empat terbaru juga sudah dibekali dengan mesin yang sudah didesain sedemikian rupa dan tentunya cukup mumpuni.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Salah satu keunggulan mobil-mobil terbaru adalah jantung pacu kendaraan sudah tidak perlu lagi dipanaskan saat akan digunakan.

Meski begitu, bukan berarti mobil yang tidak digunakan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dibiarkan begitu saja terparkir di garasi.

Pemilik juga harus melakukan pengoperasian mesin sesekali untuk menjaga komponennya agar tetap terjaga saat mobil tidak digunakan.

Ilustrasi menyalakan mesin mobildoityourself.com Ilustrasi menyalakan mesin mobil

Salah satu komponen yang akan terkena efeknya ketika mobil jarang dipakai adalah akumulator atau aki.

Executive Coordinator Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menjelaskan, untuk mobil keluaran baru-baru sudah tidak perlu dipanaskan mesinnya sebelum dipakai.

“Ketika mesin mobil sudah dinyalakan, mobil bisa langsung digunakan tidak perlu lagi dipanaskan sebelum digunakan,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Baca juga: SIM Bisa Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan, Ini Syaratnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X