Carry Dongkrak Penjualan Suzuki Sepanjang 2020

Kompas.com - 19/09/2020, 10:22 WIB
New Carry pick up hadir world premiere dalam ajang IIMS 2019 Kompas.com/Setyo AdiNew Carry pick up hadir world premiere dalam ajang IIMS 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kondisi masih lesu dampak pandemi Covid-19, namun sepanjang Januari hingga Agusutus 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim berhasil memimpin peningkatan pangsa pasar mobil dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Suzuki berhasil mencatatakan peningkatan pangsa pasar tertinggi pada pasar nasional sebesar 2,6 persen, dari 9,82 persen year-on-year (YoY) Januari-Agustus 2019 menjadi 12,42 persen di periode 2020 untuk penjualan ritel.

Dominasi pertumbuhan pasar Suzuki bukan dipimpim oleh segmen mobil penumpang, melainkan kendaraan niaga ringan, yakni New Carry pikap yang berkontribus hingga 53 persen terhadap penjualan ritel nasionl atau 23.856 unit. Bahkan pangsa pasar Carry selama 8 bulan di 2020 juga naik 10 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 61 persen.

Baca juga: Pandemi Tak Kunjung Usai, Gaikindo Revisi Target Penjualan Lagi

Sementara pada Agustus lalu, Carry pikap tembus menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan ritel sebanyak 3.111 unit dan pangsa pasar low pikap sebesar 66 persen.

Menurut Direktur Pemasaran Roda Empat PT SIS Donny Saputra, kongisi tersebut membuktikan Carru pikan diakui sebagai kendaraan komersial yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan terus mendorong kegiatan ekonomi agar tetap berkembang meskipun di tahun ini terdampak pandemi.

Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.

"Tahun ini, pasar otomotif Indonesia cukup ketat dan menantang, namun kami berusaha memberikan produk dan pelayanan terbaik meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Peningkatan pangsa pasar Suzuki di 2020 yang dipimpin New Carry Pick Up ini membuktikan Suzuki menawarkan produk yang unggul dan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tetap menjadi pilihan pelanggan," ucap Donny dalam keterangan resminya, Jumat (18/9/2020).

Tak hanya Carry, model berikutnya yang ikut berkontribusi adalah Ertiga. MPV murah buatan dalam negeri tersebut sukses terjual 6.870 unit atau 15 persen sepanjang Januari hingga Agustus, berikutnya XL7 sebanyak 5.095 unit atau 11 persen.

Model-model unggulan Suzuki lainnya seperti Karimun Wagon R, New Ignis, New Baleno, dan Jimny juga berkontribusi positif terhadap total penjualan ritel selama tahun 2020.

Baca juga: Masa Pandemi, Banyak Pembeli Mobil Suzuki Secara Tunai

Suzuki Ertiga dan Baleno jadi mobil utama tim Merapah Trans Sumatera 2019KOMPAS.com/Kristianto Suzuki Ertiga dan Baleno jadi mobil utama tim Merapah Trans Sumatera 2019

Pada Agustus, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor ( Gaikindo) mencatatkan adanya pertumbuhan penjualan otomotif dengan angka sebesar 37.655 unit untuk ritel. Suzuki sendiri berhasil mencatatkan kontribusi yang positif dengan pangsa pasar mencapai 14 persen 5.259 unit.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Peningkatan pangsa pasar ini mendorong kami untuk terus berkontribusi terhadap pasar otomotif dan perekonomian nasional dengan menghadirkan produk berkualitas," kata Donny.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X