Indikator Gambar Aki pada Mobil Menyala, Apa Artinya?

Kompas.com - 19/09/2020, 11:40 WIB
Lampu indikator aki pada mobil cartreatments.comLampu indikator aki pada mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan roda empat dilengkapi dengan berbagai indikator untuk memantau setiap komponen yang ada.

Indikator ini ada beragam bentuk yang biasanya terpasang di bagian meter cluster kendaraan. Setiap indikator akan memberikan informasi kepada pengemudi mengenai perangkat kendaraan sebelum digunakan.

Jika ada komponen yang bermasalah biasanya indikator akan menyala, sehingga pengemudi bisa langsung mengetahui kerusakan yang mungkin terjadi.

Hanya saja, tidak sedikit pemilik kendaraan yang masih belum paham mengenai arti indikator yang ada di dashboard.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Salah satunya adalah indikator bergambar aki menyala. Tidak semua pemilik kendaraan paham, apa yang harus dilakukan jika indikator tersebut menyala.

Aki mobil basahSuparna Aki mobil basah

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, jika indikator gambar aki menyala kemungkinan terjadi masalah pada bagian pengisian arus listrik.

“Kemungkinan ada permasalahan pada pengisian arus, atau bisa juga aki tidak mau mengisi,” kata Didi kepada kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Didi menambahkan, untuk mobil-mobil keluaran terbaru semuanya sudah dikontrol oleh komputer yakni melalui electronic control unit (ECU).

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

“Sehingga, jika ada permasalahan yang terjadi maka akan ada tanda indikator menyala. Kalau terjadi masalah pengisian, indikator bergambar aki menyala,” ujarnya.

Untuk memastikan permasalahan yang terjadi pada kendaraan, Didi menyarankan, untuk melakukan pengecekan ke bengkel resmi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X